Gelar Webinar Internasional, UPI Gandeng Aplikasi Superhand

3 November 2021, 16:13

UPI dan Superhand berencana mengadakan lagi acara serupa dimasa mendatang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Universitas Pendidikan Indonesia gelar Webinar Internasional dengan menggandeng Aplikasi Muslim Superhand. Webinar ini diselenggarakan secara daring pada hari Jumat, 29 Oktober 2021, dengan tema”Character of Islamic Education Through Disciplines of Science Learning” (Excavating the Success of Fun and Excellent Learning).

Diadakannya webinar ini memang sejalan dengan niatan UPI dan Superhand yang sudah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh CEO Superhand M. Erwien Abdurachman dengan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. H. M Solehuddin, M.Pd., MA. Kerjasama ini dilakukan untuk membantu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dalam melakukan Pembelajaran Ilmu Agama Islam melalui teknologi digital.

Webinar Internasional ini di ketuai oleh Prof. Dr. H. M Solehuddin, M.Pd., MA., Dr. Edi Suresman, M.Ag., dan Dr. H. Diding Nurdin, M.Pd. Sebagai  pembicara hadir Prof. Shalahudin Kafrawi, M.A., Ph.D., beliau merupakan Chair of Department of Religious StudiesHobart and William Smith Colleges, dan Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Sekretaris Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa. Webinar ini diikuti oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dan masyarakat umum sebagai peserta.

Masing-masing pembicara membawa topik yang berbeda. Prof. Shalahudin Kafrawi, M.A., Ph.D., menjelaskan tentang Bagaimana Amerika Serikat Membangun Karakter Bangsanya. Beliau mengatakan “While the USA is one of the most religious country on earth, it is one of the most illiterate one about their religious tradition. Amerika Serikat adalah salah satu negara paling religius di bumi, namun masyarakatnya sangat buta tentang tradisi keagamaan mereka,”katanya. 

Untuk membangun karakter bangsanya, masyarakat Amerika memegang prinsip Success Narrative: Everyone is granted the liberty and opportunity to have Upward social mobility through hard work. “Yaitu siapapun yang memiliki kemauan dan menjabarkan kemauan itu dalam kerja nyata dalam bentuk kerja keras, maka setiap orang memiliki kesempatan untuk move up, jadi orang yang tidak punya rumah sekalipun dapat menjadi sukses jika bekerja keras,”katanya. 

Disisi lain, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., menjelaskan tentang Membangun Karakter Bangsa: Tantangan dan Respon. Beliau mengatakan”Pendidikan Tinggi di Indonesia memiliki tantangan, antara lain Revolusi Industry 4.0 Society 5.0, Covid-19, kebijakan pemerintah (MBKM), dan Standar mutu. “Namun, menurut beliau kita tidak perlu khawatir karena dengan memiliki sikap dan semangat pembelajar sepanjang hayat, memiliki kemuliaan adab, dan kemampuan menyikapi keragaman secara positif,tantangan tersebut in syaa allah bisa di hadapi,” tuturnya.

Acara webinar yang diikuti 350 lebih peserta ini berlangsung dengan hidup dan baik. Dengan suksesnya acara tersebut, UPI dan Superhand berencana mengadakan lagi acara serupa dimasa mendatang dan tentunya dengan tema yang lebih menarik lagi.

Aplikasi Muslim Superhand adalah aplikasi yang memudahkan umat untuk belajar Agama Islam. Dengan Superhand pengguna bisa belajar Agama langsung dengan ustadz, melakukan konsultasi dengan ustadz dan juga ikut kelas ustadz secara live. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dari aplikasi Superhand langsung download aplikasinya di Google Play Store.

 


https://www.republika.co.id/berita/r1zmsq380/gelar-webinar-internasional-upi-gandeng-aplikasi-superhand

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi