Gawat dan Mengerikan WNI Disandera Pemberontak Houthi, Berikut Pernyataan Kemlu RI Ini

13 January 2022, 10:33

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengatakan, seorang warga negara Indonesia yang disandera milisi Houthi di Yaman berada dalam kondisi sehat.

Bermula terjadi pada 7 Januari 2022, penyanderaan yang melibatkan pria bertugas sebagai awak di sebuah kapal pengangkut peralatan medis untuk rumah sakit lapangan di Arab Saudi. Kapal itu dihadang oleh Houthi ketika berada di Pulau Socotra, Yaman.

“ABK dengan inisial SHP telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga dan menginformasikan bahwa kondisinya dalam keadaan sehat dan mendapatkan perlakuan yang baik dari pihak Houthi,” kata Judha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

SHP yang bekerja di kapal kargo Rwabee punya Uni Emirat Arab (UEA). “Kapal tersebut saat ini ditahan oleh kelompok Houthi di Yaman. Terdapat 10 ABK lainnya dari berbagai kewarganegaraan,” ujar Judha.

Melalui Kemlu perwakilan dari RI yang berada di Abu Dhabi, Muscat dan Riyadh sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera memulangkan SHP.
Halaman Selanjutnya….


Editor : Fiter Bagus

Penulis : Zulfikar Ali Husen


https://koran-jakarta.com/gawat-dan-mengerikan-wni-disandera-pemberontak-houthi-berikut-pernyataan-kemlu-ri-ini

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi