Ganjar Disarankan Rebut Tiket Capres dari PDIP, Jangan Hantam Kromo ke Parpol Lain

8 June 2022, 11:29

Merdeka.com – Ganjar Pranowo disarankan mengejar tiket capres 2024 dari PDI Perjuangan. Hal itu akan berdampak dirinya menjadi teladan politik.

Demikian dikatakan Pendiri Cyrus Network Hasan Nasbi. Sebelumnya, santer beredar Ganjar Pranowo akan mengambil alih koalisi Indonesia Bersatu(KIB) yang diberitakan di salah satu media dan analisa mantan menteri BUMN Dahlan Iskan hanya merusak ekosistem politik yang saat ini sudah terbangun dengan baik.

taboola mid article

“Kalau mau jadi teladan politik, sebagai kader Ganjar Pranowo berusaha dapat tiket dari PDI-Perjuangan. Kalau tidak dapat, dukung calon dari partai itu, jangan hantam kromo ke partai lain,” ujar Hasan Nasbi dalam podcastnya.

Hasan mengatakan tidak etis dalam berpolitik mengambil alih partai lain dengan cara apapun. Ia mengibaratkan langkah itu layaknya seorang sedang memberhentikan taksi untuk ditumpangi karena merasa mampu membayar.

“Kalau memaksakan melalui KIB, kan mereka tidak punya hubungan emosional, tidak punya hubungan organisasi. Akhirnya partai juga berfikir pendek, ok kita terima, tapi kedepan, nanti dulu. Partai yang membesarkannya saja ditinggalkan,” ujar Hasan mencoba menganalogikannya.

Usaha kelompok Ganjar untuk masuk sebagai capres KIB juga dinilai akan merusak hubungan baik antar partai PDI-P dengan tiga partai pendiri KIB yakni Golkar, PPP dan PAN.

Perdebatan publik yang seharusnya tentang ide- ide dan strategi membangun dan memajukan bangsa di antara partai tersebut, tidak akan terjadi.

“Sebaliknya, perdebatan malah soal adab, etika, pantas tidak pantas. Karena ini hantam kromo, dan saya yakin partai di KIB tidak ingin ambil resiko, mereka pasti mengelus calon internal sendiri,” tambahnya.

Hasan mengakui Presiden Jokowi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024. Namun menurutnya Ganjar Pranowo bukan satu satunya yang didukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi akan mendukung siapapun termasuk Airlangga, Puan Maharni, Prabowo, Sandiaga Uno dan Erick Thohir untuk maju dalam konstelasi pilpres 2024.

“Bahkan kalau Anies Baswedan datang menghadap Jokowi untuk minta restu capres, pasti didukung,” tegasnya.

[rhm]


https://www.merdeka.com/politik/ganjar-disarankan-rebut-tiket-capres-dari-pdip-jangan-hantam-kromo-ke-parpol-lain.html

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi