Francesco Bagnaia Menangi MotoGP Malaysia 2022

24 October 2022, 0:46

KBRN, Jakartra: Francesco Bagnaia mencatatkan kemenangan ketujuh musim ini pada MotoGP Malaysia, di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Namun, pesta juaranya ditunda oleh kegigihan Fabio Quartararo.
Pasalnya Fabio Quartararo berhasil mencapai podium pada balapan di Sirkuit Sepang sore tadi. Dengan hasil itu, Quartararo sukses menunda pesta juara Bagnaia pekan ini.
Start dari pole, Jorge Martin langsung memimpin, diikuti Bagnaia dan Enea Bastianini. Sementara itu, Quartararo harus susah payah naik ke posisi 4 setelah dapat bantuan dari sang tandem, Franco Morbidelli. 
Pada Lap 3, Luca Marini masuk ke pit dan gagal finis akibat holeshot device-nya tak mau berhenti berfungsi selepas start. Quartararo juga kehilangan bantuan dari Morbidelli pada Lap 4 ketika rider Italia berdarah Brasil itu harus menjalani long lap penalty pertamanya.
Kecelakaan pertama terjadi pada Lap 5, dialami Tetsuta Nagashima. Namun, kecelakaan lebih mencengangkan terjadi pada Lap 7, ketika Martin terjatuh saat memimpin. Alhasil, posisi terdepan diambil alih oleh Bagnaia, sementara Bastianini dan Quartararo masing-masing naik ke posisi 2 dan 3.
Satu lap kemudian, Marco Bezzecchi giliran menyikat posisi 4 dari Marquez. Ia pun berpeluang membantu Bagnaia dengan cara memberi ancaman kepada Quartararo. Jaraknya dari El Diablo bahkan sempat mencapai 0,3 detik. Namun, bannya yang aus membuatnya menyerah.
Pada Lap 11, Bastianini memberikan gebrakan dengan menyalip Bagnaia di Tikungan 4, menandakan bahwa ia tak peduli pada team order Ducati. Pasalnya, ia juga masih punya kans juara. Pada lap yang sama, Darryn Binder dan Fabio di Giannantonio terjatuh bersama dan gagal finis.
Tak lagi dapat ancaman dari Bezzecchi, Quartararo pun fokus mempertahankan posisi 3. Ia semakin mendekat setelah Bagnaia dan Bastianini saling salip. Namun, Bagnaia akhirnya kembali ke depan setelah menggasak Bastianini di Tikungan 15 pada Lap 14.
Posisi ini tak berubah sampai finis, di mana Bagnaia menang, diikuti Bastianini dan Quartararo. Kandidat juara dunia yang lain, Aleix Espargaro, harus puas finis ke-10. 
Ia sejatinya melintasi garis finis di posisi 11, tetapi ia diuntungkan oleh Morbidelli yang dihukum 3 detik akibat menyalipnya secara agresif di lap terakhir.
Hasil balap ini membuat perebutan gelar dunia pembalap harus berlanjut ke MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada 4-6 November 2022. Namun, Ducati Lenovo Team sukses mengunci gelar dunia tim, menyusul gelar dunia konstruktor yang sudah mereka kunci di Seri Aragon.
Dengan keunggulan 23 poin atas Quartararo, Bagnaia punya peluang besar menyabet status juara dunia MotoGP 2022 di Valencia asal finis di posisi 14 besar. 
Jika berhasil, maka Bagnaia akan berstatus sebagai dua kali juara dunia, mengingat ia juga menjuarai Moto2 2018.
Bagnaia juga bisa menjadi juara dunia Ducati pertama sejak Casey Stoner pada 2007, sekaligus menjadi juara dunia Italia pertama sejak Valentino Rossi pada 2009. Dengan begitu, Ducati juga bisa menyabet gelar Triple Crown untuk pertama kali sejak 2007.
Berikut hasil balap MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang:

Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
Enea Bastianini – Gresini Racing – Ducati
Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
Alex Rins – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
Jack Miller – Ducati Lenovo Team – Ducati
Marc Marquez – Repsol Honda Team – Honda
Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati
Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha
Cal Crutchlow – WithU Yamaha RNF – Yamaha
Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
Pol Espargaro – Repsol Honda Team – Honda
Raul Fernandez – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia
Alex Marquez – LCR Honda CASTROL – Honda
Remy Gardner – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
Joan Mir – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki

Gagal finis:

Darryn Binder – WithU Yamaha RNF – Yamaha
Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
Tetsuta Nagashima – LCR Honda IDEMITSU – Honda
Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati