Fisikawan Temukan Partikel-partikel Ini Dapat Berkumpul Sendiri

3 November 2021, 10:46

KBRN, New York: Tim fisikawan Universitas New York menemukan bagaimana molekul DNA dapat mengorganisir diri menjadi tambalan perekat antara partikel-partikel saat merespons instruksi perakitan. Temuan ini menawarkan “bukti konsep” cara inovatif untuk menghasilkan bahan dengan konektivitas yang terdefinisi dengan baik antara partikel.

“Kami menunjukkan bahwa seseorang dapat memprogram partikel untuk membuat struktur yang disesuaikan dengan sifat yang disesuaikan,” jelas Jasna Brujic, seorang profesor di Departemen Fisika Universitas New York dan salah satu peneliti. 

“Sementara derek, bor, dan palu harus ddikontrol manusia dalam membangun bangunan, hasil ini mengungkapkan bagaimana seseorang dapat menggunakan fisika untuk membuat bahan-bahan pintar yang ‘tahu’ cara merakit diri sendiri.”

Brujic dan rekan-rekannya, Angus McMullen, seorang peneliti postdoctoral di Departemen Fisika NYU, dan Sascha Hilgenfeldt, seorang profesor ilmu mekanik dan teknik di University of Illinois, Urbana-Champaign, menjalankan serangkaian eksperimen untuk menangkap— dan memanipulasi—perilaku molekul DNA pada permukaan partikel, seperti dikutip dari Universitas New York, Rabu (3/11/2021).

Beroperasi pada tingkat mikron — dengan partikel berukuran 1/25 seukuran setitik debu —mereka menenggelamkan tetesan kecil ke dalam larutan cair. Yang dilampirkan pada tetesan ini adalah “penghubung DNA”—alat molekuler yang memiliki “ujung lengket” yang memungkinkan pencampuran dan pencocokan untuk membentuk susunan struktur yang diinginkan para peneliti.

“Keindahan dari prosedur ini adalah kita dapat memprogram sifat-sifat bahan tertentu, sehingga bisa menjadi elastis atau rapuh, atau bahkan memiliki kekuatan penyembuhan sendiri setelah putus, karena ikatan dapat dibuat dan dipatahkan secara reversibel,” kata Brujic. 

“Kreator dapat memutuskan untuk memasukkan lima partikel yang hanya menempel pada satu partikel lain, 10 partikel menempel pada dua, dan 20 partikel menempel pada tiga, atau kombinasi lainnya. Ini akan memungkinkan Anda membangun material dengan topologi atau arsitektur tertentu.”


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1245567/fisikawan-temukan-partikel-partikel-ini-dapat-berkumpul-sendiri?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi