FEO Formula E Pastikan Siap Menghadapi Kondisi Cuaca yang Masih Labil

31 May 2022, 10:09

Jakarta: Ketidakpastian cuaca di DKI Jakarta dipastikan tak akan menghambat pelaksanaan Formula E. Semua pihak diminta tak khawatir dengan cuaca yang labil menjelang pagelaran balap mobil listrik tersebut.
 
“Kami menyiapkan berbagai rencana dan mitigasi untuk menghadapi berbagai cuaca,” kata Consultant Safety, Health, and Environment (HSE) Formula E Operation (FEO), Richard Bate, dalam keterangan resmi, Selasa, 31 Mei 2022.
 
Richard mengeklaim FEO memiliki segudang pengalaman terkait antispasi cuaca dalam penyelenggaraan Formula E. Apalagi, musim di berbagai negara yang pernah menyelenggarakan Formula E beragam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Jadi perihal menghadapi situasi seperti cuaca, kami siap mengakomodir sesuai dengan keadaan,” kata dia.
 
Salah satu antisipasi yang disiapkan dari sisi keamanan penonton. FEO akan mengarahkan dan menuntun penonton untuk turun dari tribun jika cuaca sangat buruk, seperti angin kencang.
 
“Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika. Ini tak ada bedanya. Jadi, kami sudah sangat siap sekali,” tegas Richard.
 
Antisipasi lain, yaitu dari sisi infrastruktur trek balapan, teknisi, dan engineer. Jakpro diklaim dia sudah menyiapkan drainase atau saluran khusus untuk menyalurkan volume air yang berlebih dari area trek balapan. Drainase ini mencegah genangan air di trek balapan yang berpotensi mengganggu balapan.
 
Drainase ini dirancang baik sekali dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan. Kalian harus bangga dengan treknya. Ini fantastis sekali karena dirancang dengan sangat baik,” kata Richard.
 
Baca: Warga DKI Diminta Tidak Khawatir Soal Atap Tribun Formula E Jakarta
 
Sementara itu, Event Director FEO, Gemma Serra, kondisi hujan beberapa hari terakhir tak akan memengaruhi balapan. Mengingat, trek Formula E di Jakarta didesain dengan banyak drainase.
 
Serra menyebut balapan bakal dihentikan jika tiba-tiba terjadi cuaca esktrem. Seperti hujan disertai badai dan petir serta angin topan dalam jangka waktu lama.
 
Meski begitu, dia yakin hal ini kemungkinan besar tak terjadi. Sebab, hujan akhir-akhir ini cenderung tak mengancam dan drainase sudah dirancang dengan baik.
 
Jakarta E-Prix akan digelar di Jakarta International Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu, 4 Juni 2022. Warga yang ingin menonton Jakarta EPrix secara langsung dipersilakan membeli tiket di website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak 1 Mei 2022.
 

(JMS)


https://www.medcom.id/nasional/metro/ZkevlA5K-feo-formula-e-pastikan-siap-menghadapi-kondisi-cuaca-yang-masih-labil

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi