Fahri Hamzah Bahas Parpol yang Jadikan Kadernya Perkakas Kuasai Negara

8 June 2022, 11:37

PIKIRAN RAKYAT – Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah memberi pandangannya terkait dengan ‘serangan balik’ M. Taufik setelah dipecat oleh Partai Gerindra dan mengaku menjadi aktor kemenangan Jokowi hingga Anies Baswedan di DKI Jakarta.

Fahri menegaskan orang yang sudah dipilih oleh rakyat menjadi wakil rakyat tidak bisa dipecat oleh partai politik.

“Jika memakai yurisprudensi yang saya menangkan maka yang bersangkutan tetap bisa menjadi anggota dewan! Partai politik hanya mencalonkan, rakyat yang memilih! Inilah kedaulatan rakyat,” kata Fahri Hamzah, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Twitter @FahriHamzah pada Rabu, 8 Juni 2022.

Baca Juga: Eks Kanselir Jerman Angela Merkel Sebut Ukraina Negara Penuh Korupsi: Bukan yang Kita Kenal Sekarang

Pemecatan kader partai yang sedang menjadi pejabat publik tidak serta-merta menyebabkan kader tersebut berhenti dari jabatan publiknya. Fahri Hamzah menilai, hal itu sesuai dengan negara yang menganut paham demokrasi.

“Sebab keanggotaan partai tidak otomatis membuat seseorang menjadi pejabat publik seperti dalam kasus negara-negara komunis,” ujarnya.

Mantan anggota DPR itu tidak menampik bahwa banyak kader yang dicalonkan oleh partai politik tetapi tidak dipilih rakyat lalu berakhir tak jadi apa-apa.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Persib dan Bobotoh, Update GBLA Disampaikan Wali Kota: Alhamdulillah

“Seorang menjadi pejabat publik terpilih (elected official) karena suara rakyat. Maka pencopotan seorang pejabat terpilih hanya bisa melalui mekanisme hukum publik. Tidak bisa dengan AD/ART partai,” kata Fahri Hamzah.

“Bukan berarti bahwa sebuah partai politik tidak boleh mengatur anggotanya melalui mekanisme etik, tapi mekanisme etik tidak bisa serta-merta menjadi dasar pencopotan seorang pejabat publik pilihan rakyat. Harus ada mekanisme hukum publik, semisal vonis pidana korupsi, dll,” sambungnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014679050/fahri-hamzah-bahas-parpol-yang-jadikan-kadernya-perkakas-kuasai-negara

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi