Facebook Mengumumkan akan Mematikan Sistem Pengenalan Wajah

3 November 2021, 13:01

Mengutip kekhawatiran masyarakat yang kian berkembang, Facebook mengumumkan akan mematikan sistem pengenalan wajah.

PIKIRAN RAKYAT- Raksasa media sosial Facebook pada hari Selasa, 2 November 2021 mengumumkan bahwa mereka akan mematikan sistem pengenalan wajah, yang secara otomatis mengidentifikasi pengguna di foto dan video.

Dimatikannya sistem pengenalan wajah oleh Facebook itu setelah mengutip kekhawatiran masyarakat yang berkembang tentang penggunaan teknologi tersebut.

Wakil presiden kecerdasan buatan di Facebook, Jerome Pesenti menulis dalam sebuah unggahan di blog bahwa regulator masih dalam proses memberikan seperangkat aturan yang jelas yang mengatur penggunaannya.

Baca Juga: Limbah Toilet di Kapsul SpaceX Bocor, Astronot Alami Perjalanan yang Tidak Nyaman Saat Kembali ke Bumi

“Di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung ini, kami percaya bahwa membatasi penggunaan pengenalan wajah pada serangkaian kasus penggunaan yang sempit adalah tepat,” tuturnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Reuters.

Kebijakan penghapusan pengenalan wajah oleh platform media sosial terbesar di dunia itu terjadi karena industri teknologi telah menghadapi perhitungan selama beberapa tahun terakhir atas etika penggunaan teknologi.

Kritikus mengatakan teknologi pengenalan wajah, yang populer di kalangan pengecer, rumah sakit, dan bisnis lain untuk tujuan keamanan, dapat membahayakan privasi, menargetkan kelompok yang terpinggirkan, dan menormalkan pengawasan yang mengganggu.

Baca Juga: Penyesuaian Aturan Perpanjangan PPKM Level 3 di Kabupaten Bogor

IBM telah secara permanen mengakhiri penjualan produk pengenalan wajah, dan Microsoft dan Amazon telah menangguhkan penjualan ke polisi tanpa batas waktu.


https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-012932812/facebook-mengumumkan-akan-mematikan-sistem-pengenalan-wajah

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi