Erick Thohir: UMKM Harus Didamping, Tidak Semua Ngerti Digital

16 August 2022, 12:06

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dalam upaya digitalisasi UMKM, perlu adanya pendampingan. Hal ini karena tidak semua pelaku UMKM mengerti terknologi digital.

“Suka tidak suka, UMKM ini harus didampingi. Tidak semua mengerti digital,” kata Erick mengutip Instagram @erickthohir, Selasa (16/8/2022).

Erick mengungkapkan, BUMN turut berpartisipasi dalam upaya mendorong digitalisasi bagi UMKM. Misalkan saja, keterlibatan PT Bank Mandiriri (Persero) Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dalam mendorong payment secara digital di pasar.

“Kemarin saya turun, bagaimana sekarang di pasar-pasar sudah membantu para UMKM menggunakan digital sebagai payment (pembayaran). Kemarin Bank Mandiri bekerja sama dengan 436 pasar, dan BRI juga melakukan ini,” ungkap dia.

Baca juga: 20 BUMN Masuk Fortune Indonesia 100, Erick Thohir: Kami Tidak Berpuas Diri dan Tetap Waspada

Mantan presiden Inter Milan ini menekankan pentingnya peran perbankan, khususnya perbankan plat merah untuk bantu mendorong digitalisasi nasional. Yakni, dengan pendekatan dan pendampingan kepada UMKM.

“Di era digital ini, semua harus beradaptasi. Pasar tradisional seperti Beringharjo, Yogyakarta contohnya, juga telah menggunakan transaksi digital. Bank Mandiri salah satu Bank BUMN yang telah bekerjasama dengan para pedagang, menyediakan layanan transaksi non-tunai. Tentu untuk semakin memudahkan para pedagang dan konsumen,” tegas dia.

Baca juga: Erick Thohir Wanti-wanti soal Ancaman Krisis Pangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/08/16/113723026/erick-thohir-umkm-harus-didamping-tidak-semua-ngerti-digital

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi