Erick Thohir Dorong BUMN Ciptakan Ekosistem Indonesia

16 August 2022, 9:14


PIKIRAN RAKYAT
– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, BUMN tidak bisa berjalan sendirian dalam menciptakan ekosistem yang baik di dalam negeri yang bernama ekosistem Indonesia. Untuk itu BUMN harus bekerja sama dengan semua pihak dalam menciptakan ekosistem itu sehingga pada akhirnya bisa mewujudkan ekonomi Indonesia merata, adil, dan makmur.

Hal itu diungkapkan Erick Tohir dalam unggahan instagram resminya, @erickthohir pada Jumat 12 Agustus 2022.

“Sudah saatnya Indonesia memiliki ekosistemnya sendiri. Bukan hanya jadi penonton, tapi jadi penggerak. Untuk itu, kita tidak bisa sendirian. BUMN harus berkolaborasi dan bersinergi dengan banyak pihak, agar maju, sejahtera, dan menciptakan ekonomi yang merata,” kata Erick Thohir.

BUMN, lanjut Erick Thohir, tidak bisa berkompetisi dengan yang lain, bila kondisinya buruk. Karena itu, pertama-tama BUMN harus menjadi korporasi yang sehat agar dia bisa bersaing dan menjadi pemain utama di dalam negeri dan bukan sebagai pentonton.

Baca Juga: 15 Kata-Kata Mutiara Tentang Kemerdekaan, Cocok Dijadikan Status WhatsApp Saat 17 Agustus

“Ini sudah waktunya kita tidak lagi menjadi bangsa penonton. Inilah yang saya bilang kita harus mempunyai yang namanya ekosistem kita sendiri, bukan ekosistem Cina, bukan ekosistem Amerika, tetapi ekosistem Indonesia,” tegas Erick Thohir.

dok. Telkomsel

dok. Telkomsel

Namun untuk bisa menjadi pemain utama dan bukan sebagai penonton, maka BUMN harus bergandengan tangan dan bekerja bersama dengan berbagai pihak. Karena BUMN tidak bisa sukses kalau berjalan sendiri. BUMN, kata Erick Thohir, tidak boleh menjadi menara gading.

“Kesuksesan daripada BUMN tidak mungkin karena kita sendiri, tetapi suksesnya itu karena kita bekerja bersama-sama. Karena tidak mungkin BUMN ini terus menjadi menara gading yang akhirnya justru jadi menara gading dan dia bersinergi sendiri akan jadi masalah apa? Menjadi kompetisi. BUMN harus menjadi korporasi yang sehat,” pungkas mantan Presiden klub Serie A Italia, Inter Milan, itu.***


https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-015278193/erick-thohir-dorong-bumn-ciptakan-ekosistem-indonesia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi