Ekonom: Investasi Masih Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi pada Kuartal II

30 May 2022, 16:01

Ekonom: Investasi Masih Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi pada Kuartal II

ILUSTRASI. Deretan gedung perkantoran di kawasan pusat bisnis Sudirman, Jakarta, Jumat (13/5/2022). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)

Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID –┬áJAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi rumah tangga dan investasi menjadi pendorong terbesar dalam pertumbuhan ekonomi di Kuartal I-2022.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet melihat bahwa investasi masih akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Kuartal II-2022.

Hal ini juga didorong oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga di Kuartal II-2022 yang juga diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring dengan adanya momentum bulan Ramadhan dan juga Idul Fitri.

“Peningkatan konsumsi rumah tangga tentu akan direspon oleh investor atau pelaku usaha dengan meningkatkan kapasitas produksi sehingga ini akan mendorong nilai investasi menjadi lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya,” ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (30/5).

Baca Juga: Indonesia Targetkan Bisa Jadi Pusat Industri Halal Dunia di 2024

Adapun untuk jenis investasi yang akan berkontribusi menurutnya masih akan mengikuti pertumbuhan di Kuartal I-2022.

Beberapa sektor antara lain sektor manufaktur dan sektor jasa yang juga berpeluang mengalami pertumbuhan di Kuartal II-2022 seiring dengan pelanggaran restriksi mobilitas yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap peningkatan investasi terutama di jasa perjalanan transportasi dan sektor-sektor yang berkaitan dengan jasa pariwisata,” tandasnya.

Seperti yang diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada dalam zona positif pada kuartal I-2022 dimana BPS mencatat, perekonomian pada periode tersebut tumbuh 5,01% secara tahunan (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Dendi Siswanto
Editor: Tendi Mahadi


https://nasional.kontan.co.id/news/ekonom-investasi-masih-jadi-pendorong-pertumbuhan-ekonomi-pada-kuartal-ii

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi