Earth Hour 2022, DKI Hemat Rp 247 Juta

3 April 2022, 8:03

Foto udara cahaya gedung bertingkat saat peringatan Earth Hour di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu, 26 Maret 2022. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta – Aksi pemadaman lampu yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mendukung “Earth Hour” pada Sabtu, 26 Maret 2022 memengaruhi tiga hal, yaitu pengurangan energi, penghematan ekonomi, dan emisi gas karbon dioksida (CO2).

“Berdasarkan tabel perhitungan PLN, tercatat bahwa hasil pemadaman lampu selama satu jam dapat menghemat konsumsi listrik sebesar 171,55 megawatt hour (MW h), menghemat ekonomi sebesar Rp 247.837.924, dan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 160,23 ton CO2,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu, 2 Maret 2022 dikutip dari Antara.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah berpartisipasi dalam pemadaman lampu selama satu jam, dari pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB untuk mendukung “Earth Hour” pada 26 Maret 2022.

Pemadaman dilakukan di sejumlah titik di Ibu Kota antara lain:

  1. Seluruh bangunan atau gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (kecuali rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain-lain).
  2. Jalan Protokol dan Jalan Arteri.
  3. Simbol Kota Jakarta (Gedung Balai Kota, Monumen Nasional dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan air mancurnya, Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Patung Pemuda dan air mancurnya, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman).
  4. Jalan protokol dan Jalan Arteri pada lima wilayah kota administrasi yang telah dilakukan pemadaman lampu sebagai berikut:
  • Jakarta Pusat: Jalan Sudirman (Dukuh Atas sampai dengan Jalan Gedung Sampurna Strategic), Jalan Thamrin, putaran Jalan Merdeka kecuali Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Presiden), Jalan Gerbang Pemuda sampai Jalan Asia Afrika, Halaman Kantor Balai Kota, Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.
  • Jakarta Utara: Jalan Yos Sudarso, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Utara.
  • Jakarta Barat: Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Barat.
  • Jakarta Selatan: Jalan Prapanca Raya, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman (Gedung Sampoerna Strategic sampai Patung Pemuda), dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
  • Jakarta Timur: Jalan Dr Soemarno, Jalan Raden Inten dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

“Sejumlah gedung milik swasta, seperti gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen berpartisipasi dalam pelaksanaan aksi pemadaman lampu,” tambah Asep.

Asep mengatakan tujuan aksi pemadaman lampu tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penghematan energi, penghematan ekonomi, serta penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Selain itu, kegiatan mendukung Earth Hour ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon, yang mengimbau untuk melakukan pemadaman lampu sebanyak tiga kali dalam setahun dii antaranya, Peringatan Aksi Lingkungan pada Maret, Peringatan Hari Bumi pada 22 April, dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni.

Baca juga: Anies Baswedan Ajak Warga Jakarta Padamkan Lampu Saat Earth Hour


https://metro.tempo.co/read/1577851/earth-hour-2022-dki-hemat-rp-247-juta

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi