Duo Bakrie Hari Ini Dipanggil Satgas BLBI, Berikut Info Lengkapnya

17 September 2021, 12:05

Duo Bakrie Hari Ini Dipanggil Satgas BLBI, Berikut Info Lengkapnya

Satgas BLBI kembali memanggil obligor BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia). Kali ini sederet nama obligor yang dipanggil satgas di antaranya yaitu Andrus Roestam Moenaf, Pinkan Warrouw, Nirwan Dermawan Bakrie , Indra Usmansyah Bakrie, dan Anton Setianto.

Kelimanya diminta menghadap Satgas BLBI pada Jumat, 17 September 2021 mendatang, pukul 09.00-11.00 WIB di Gedung Syafrudin Prawiranegara Lantai 4 Utara, Kementerian Keuangan RI, JI. Lapangan Banteng Timur 2-4, Jakarta Pusat.

Mereka dipanggil sebagai representatif dari PT Usaha Mediatronika Nusantara yang beralamat di Wisma Bakrie Lantai 4, Jalan HR Rasuna Said Kav. B1, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Menyelesaikan hak tagih negara dana BLBI setidak-tidaknya sebesar Rp 22.677.129.206,00 (dua puluh dua miliar enam ratus tujuh puluh tujuh juta seratus dua puluh sembilan ribu dua ratus enam rupiah) dalam rangka penyelesaian agenda kewajiban debitur eks Bank Putera Multikarsas,” tulis Satgas BLBI dalam pengumuman penagihan di media massa.

Suasana Kantor Satgas BLBI. Foto: Selfy Sandra Momongan/kumparan

Di antara nama-nama yang dipanggil itu, terdapat 2 anggota keluarga Bakrie, yaitu Nirwan Dermawan Bakrie dan Indra Usmansyah Bakrie. Siapa mereka?

Nirwan Bakrie adalah anak ketiga Achmad Bakrie, pendiri kelompok usaha Bakrie. Saat kakaknya, Aburizal Bakrie, diangkat menjadi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Nirwan menggantikan peran Aburizal sebagai pemimpin kelompok usaha Bakrie.

Ia pernah menjabat sebagai CEO Lapindo Brantas Inc. Selain itu, Nirwan juga pernah memimpin PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Lumpur Lapindo. Foto: Antara/Eric Ireng

Pria kelahiran 1 November 1951 ini juga aktif dalam dunia sepak bola. Di Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Nirwan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum pada 2003-2011 bersanding dengan Nurdin Halid. Namanya juga tercatat sebagai pendiri klub Pelita Jaya.

Sedangkan Indra Usmansyah Bakrie tercatat berkiprah di berbagai bisnis keluarga Bakrie, mulai dari sektor perkebunan, migas, real estate, dan infrastruktur. Indra pernah menjadi Direktur Utama PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan Komisaris Utama Vallar Plc.

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi