Dua Tahun Puasa di Tengah Pandemi, Wapres: Jadikan Momentum Kuatkan Solidaritas Kemanusiaan

2 April 2022, 11:46

https: img.okezone.com content 2022 04 02 337 2571995 dua-tahun-puasa-di-tengah-pandemi-wapres-jadikan-momentum-kuatkan-solidaritas-kemanusiaan-JlkOtBWKj2.jpeg

JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan bagi umat Islam di seluruh Indonesia. Hari pertama puasa akan dimulai pada Minggu 3 April 2022 sesuai dengan keputusan pemerintah.

Ma’ruf mengatakan, selama dua tahun belakangan umat Islam telah berpuasa ditengah pandemi Covid-19. Dirinya berharap agar ibadah puasa tahun ini semakin membaik.

“Selama dua tahun kita menjalani ibadah di masa pandemi Covid-19 yang merupakan musibah global. Dinamika kehidupan keberagamaan yang turut terpengaruh oleh kondisi pandemi, insya Allah akan semakin membaik,” ujar Ma’ruf dalam keterangannya, Sabtu (2/4/2022).

Ma’ruf juga meminta umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT. Supaya diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka daf’i al-bala’ atau menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19.

Baca juga: Wapres: Jangan Jadikan Ramadan sebagai Bulan yang Lebih Konsumtif

“Saya juga mengajak seluruh umat Islam Indonesia agar menjadikan Ramadan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan untuk memperbanyak sedekah, jangan menjadikan bulan Ramadan sebagai bulan yang lebih konsumtif,” katanya.

Baca juga: Wapres: Ramadan dan Lebaran Menentukan Indonesia Masuk Endemi atau Masih Pandemi Covid-19

“Bulan Ramadan juga merupakan momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” imbuhnya.

Ma’ruf menjelaskan bahwa berpuasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, namun lebih dari itu, di dalamnya terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan.

“Puasa adalah ibadah yang tidak terlihat yang hanya diketahui oleh diri yang berpuasa atau shaim dan Allah SWT. Saat berpuasa adalah waktu yang tepat bagi kita untuk meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran,” ungkapnya.

“Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridai setiap upaya yang kita lakukan,” pungkasnya.

Baca juga: Ribuan Jenis Pisang Ada di Indonesia, Wapres: Kenyang Tidak Harus Makan Nasi


https://nasional.okezone.com/read/2022/04/02/337/2571995/dua-tahun-puasa-di-tengah-pandemi-wapres-jadikan-momentum-kuatkan-solidaritas-kemanusiaan?page=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi