dr. Erlina Burhan: Virus Corona Varian Delta Mudah Menular dan Lebih Berbahaya

18 June 2021, 16:01

Ilustrasi Covid-19.

PIKIRAN RAKYAT – Ketua Pokja Infeksi PDPI Pusat, dr. Erlina Burhan menegaskan bahwa varian Delta lebih berbahaya dari virus corona yang bukan varian.

Hal itu disampaikan dalam acara Dua Sisi yang diunggah ulang di kanal Youtube tvOneNews, Kamis, 17 Juni 2021.

Selain mudah menular, Erlina Burhan menekankan bahwa varian Delta tersebut memiliki tingkat penyakit yang lebih parah dari non-varian.

“Varian baru yang delta itu selain mudah menular, juga keparahan penyakitnya lebih dari non-varian, itu yang harus diketahui, dan gejalanya tidak khas,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube tvOneNews, Jumat, 18 Juni 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 18 Juni 2021: Jemput Elsa, Istri Nino Menangis Berbohong pada Andin

Jika varian lama dari Wuhan, Erlina Burhan mengatakan mudah menular kepada orangtua, pemilik sistem imun yang menurun, atau orang dengan komorbid.

“Nah yang Delta sekarang, ternyata kenyataannya banyak pasien-pasien yang anak-anak muda, tidak ada komorbid,” ucapnya.

Oleh karena itu, Erlina Burhan mengimbau agar masyarakat tidak menyepelekan kehadiran varian Delta yang saat ini telah teridentifikasi di berbagai daerah.

“Jadi saya kira sekarang jangan lagi beranggapan bahwa hanya orangtua, hanya orang komorbid yang berpotensi untuk tertular,” ujarnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012076010/dr-erlina-burhan-virus-corona-varian-delta-mudah-menular-dan-lebih-berbahaya

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi