DPRD DKI Soroti Atap Tribun Formula E Roboh: Terkesan Pengerjaan Dikejar Target

30 May 2022, 21:25

Merdeka.com – Atap tribun Formula E roboh diterjang angin saat cuaca ekstrem, Jumat (27/5) kemarin. Peristiwa itu menjadi sorotan lantaran timbul kesan pengerjaan dilakukan tidak cermat karena dikejar target.

Demikian dikatakan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth.

taboola mid article

“Proyek ini terkesan dipaksakan. Kontraktor juga terkesan mengerjakannya asal-asalan karena dikejar target,” ketus Kenneth dalam keterangannya, Senin (30/5).

“Harus dicek benar-benar persiapannya, jangan lantas terburu-buru,” sambungnya.

Kent pun menyarankan agar pagelaran mobil balap listrik Formula E itu diundur pada akhir Oktober, demi kelancaran dan persiapan yang matang agar tidak ada lagi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Panitia acara Formula E ini ngotot supaya digelar pada 4 Juni mendatang, padahal realitanya infrastruktur belum siap 100 persen. Saran saya lebih baik diundur sampai akhir Oktober untuk memperbaiki dan pengecekan seluruh infrastruktur di lintasan Formula E ini, jadi lebih matang dan siap” beber Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

Ia mengimbau agar jangan membandingkan antara lintasan Formula E di Ancol dengan Sirkuit Mandalika, Lombok yang mempunyai waktu luang yang cukup untuk melakukan perbaikan jika menemukan adanya kerusakan di arena balap.

Sebab, pengerjaan Sirkuit Mandalika mempunyai rentang waktu cukup panjang dari hari H ajang tersebut digelar.

“Sebelum hari H pembalap Moto GP melakukan cek aspal, pada saat terjadi masalah jadi masih ada waktu untuk melakukan evaluasi, dan perbaikan infrastruktur yang kurang. Tetapi kalau pagelaran Formula E ini kita semua tahu bahwa waktu pelaksanaannya tinggal seminggu lagi, dan sampai saat ini pembalapnya belum melakukan cek aspal,” bebernya.

Oleh karena itu, Kent meminta kepada panitia balap Formula E untuk bijak dalam melaksanakan ajang balap mobil listrik ini, jangan sampai membuat malu Indonesia di mata Internasional.

“Panitia Formula E ini harus bijak dan rasional dalam melaksanakan pagelaran Formula E ini. Harus ada spare waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan dan evaluasi jika ada kerusakan,” tegas Kent.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakinkan masyarakat agar tidak khawatir dengan insiden robohnya atap di tribun grandstand. Berdasarkan penjelasan yang dia peroleh, angin kencang menjadi faktor atap roboh.

“Enggak usah khawatir, Insya Allah nanti penyelenggaraan Formula E kan tanggal 4, terkait atap tribun kemarin kan memang ada hujan, ada angin kencang, itu sudah diperbaiki, jadi tidak ada masalah,” kata Riza di Balai Kota Jakarta.

Secara terpisah, Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko menyampaikan perbaikan atap tribun yang roboh, ditargetkan akan rampung pada Kamis (2/6). Dia berujar, kejadian tersebut menjadi evaluasi bagj penitia untuk meningkatkanpengawasan dalam proses pengerjaan.

“Perbaikannya diperkirakan selesai di hari Kamis mendatang,” kata Gunung.

Dia menuturkan, kondisi atap yang roboh tidak cukup serius dan hanya terjadi di 1 dari 9 bagian grandstand. Menurutnya, kondisi tersebut murni disebabkan faktor cuaca angin kencang.

Sementara itu, panitia Formula E diminta tetap mengantisipasi terjadinya cuaca buruk di hari pertandingan pada Sabtu, 4 Juni nanti.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan, prakiraan cuaca sejatinya dapat diakses di situs resmi BMKG. Merujuk pada situs tersebut di hari pertandingan, prakiraan cuaca yaitu cerah berawan dengan kecepatan angin 10 km per jam.

Berdasarkan kecepatan tersebut, Miming mengatakan bahwa kecepatan tersebut merupakan kecepatan angin normal.

“Kecepatan 1-10 km/jam anginnya masih dalam kondisi normal,” kata Miming.

[rhm]


https://www.merdeka.com/jakarta/dprd-dki-soroti-atap-tribun-formula-e-roboh-terkesan-pengerjaan-dikejar-target.html

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi