DPR Apresiasi Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

16 September 2021, 21:17

DPR Apresiasi Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik


| Kamis, 16/09/2021 20:04 WIB

RADARBANGSA.COM –  Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat. Dirinya berharap, pembangunan pabrik baterai yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo itu bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

“Hilirisasi industri baterai kendaraan listrik ini patut diapresiasi, sehingga kita bisa merasakan nilai tambah yang berlipat ganda ketimbang mengekspor komoditas bahan mentah kita ke luar negeri. Nilai tambah ini juga harus bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” kata Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya. 

Puan Maharani menjelaskan, manfaat yang diharapkan seperti penyerapan tenaga kerja Indonesia seluas-luasnya hingga harga kendaraan listrik berbasis baterai yang terjangkau oleh masyarakat luas. “Industri baterai ini menggunakan nikel, sumber daya alam yang banyak terkandung di bumi Indonesia, sehingga pemanfaatannya juga harus untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Puan ingin pabrik baterai nantinya tidak hanya menjadi babak baru perkembangan industri kendaraan listrik di dalam negeri, akan tetapi juga menjadi momentum menciptakan ekonomi ramah lingkungan. Ia menjelaskan pembangunan pabrik baterai mobil listrik di tengah situasi pandemi ini berpotensi menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkualitas. 

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu 15 September 2021 kemarin. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia harus segera keluar dari jebakan sebagai negara pengekspor bahan mentah,“Strategi bisnis besar negara adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah. Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi,” ujarnya.


https://www.radarbangsa.com/news/34248/dpr-apresiasi-pembangunan-pabrik-baterai-kendaraan-listrik

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi