Dinilai Salah Tangani Evakuasi Afghanistan, Menlu Belanda Pilih Mundur

17 September 2021, 8:04

Dinilai Salah Tangani Evakuasi Afghanistan, Menlu Belanda Pilih Mundur

Menteri Luar Negeri Belanda , Sigrid Kaag, mengundurkan diri pada Kamis (17/9). Ia mundur setelah mayoritas anggota parlemen menyatakan bahwa Kaag salah dalam menangani evakuasi pengungsi dari Afghanistan beberapa waktu lalu.

“Dewan Anda telah memutuskan kabinet bertindak tidak bertanggung jawab,” kata Kaag dikutip dari Reuters , Jumat (17/9).

“Menteri harus pergi jika kebijakannya ditolak,” sambungnya.

Sebelumnya, Belanda telah berhasil mengevakuasi sekitar 2.100 orang dari Afghanistan ke negara tetangga semenjak Taliban menguasai Kota Kabul pada Agustus lalu. Sekitar 1.700 di antaranya menjadikan Belanda sebagai tujuan akhir.

Namun ratusan warga Belanda yang banyak berasal dari Afghanistan, dan sejumlah warga Afghanistan yang bekerja untuk misi militer, justru tertinggal dan tak ikut dalam evakuasi tersebut.

Termasuk juga sejumlah awak media berita atau organisasi non-pemerintah yang tertinggal lantaran tak berhasil mencapai bandara yang saat itu sempat terjadi kekacauan.

Kaag merupakan seorang mantan diplomat yang sempat bertugas sebagai koordinator spesial PBB untuk Lebanon pada periode 2015-2017. Sebelumnya ia juga sempat memimpin tim PBB yang mengawasi proses penghancuran senjata kimia Suriah. Ia juga merupakan anggota dari partai D-66.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi