Dieng Culture Festival di Tengah Pandemi Covid-19, Digelar Sederhana dengan Virtual Hybrid

3 November 2021, 10:12

Pemotongan rambut gimbal dalam Dieng Culture Festival (DCF) di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (2/11/2021).

BANJARNEGARA, KOMPAS.com– Hawa dingin di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tak menyurutkan keceriaan Noor Assyifa Aulia Putri, gadis kecil yang baru berusia 3,5 tahun.

Pagi itu, Syifa-sapaannya, bersiap mengikuti kirab budaya sebelum menjalani pemotongan rambut gimbal pada gelaran Dieng Culture Festival (DCF), Selasa (2/11/2021).

Dengan mengenakan baju kebaya dan sepatu berwarna pink, Syifa dituntun kedua orangtuanya, Dimas Ananta dan Nur Ari Winarsih, untuk merapat ke barisan bergabung dengan peserta lain.

Baca juga: Anak Gimbal Dieng yang Jalani Ruwatan Sempat Dikira Guru Tak Pernah Keramas

Sesekali Syifa melambaikan tangan kecilnya ketika beberapa kamera menghadap wajahnya. Ia juga sempat menurunkan masker untuk menunjukkan senyum manisnya di depan kamera.

Syifa terlihat seperti layakanya anak-anak seumurannya. Namun ketika diperhatikan, di balik ikat kepala putih dan jepet pink yang dikenakan, tampak rambutnya tak beraturan.

Sebagian rambutnya menjuntai dan berbentuk layaknya digimbal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang Dieng menyebutnya dengan anak bajang atau anak dengan rambut gimbal. Menurut kepercayaan warga sekitar anak gimbal merupakan titisan dari leluhur.

Seusai menjalani pemotongan rambut gimbal oleh tetua adat, Syifa tampak semakin sumringah karena menerima satu kantung kresek berisi jajanan dari orangtuanya.

Selain Syifa, dalam gelaran DCF ini ada empat anak lainnya yang menjalani prosesi pemotongan rambut gimbal. Mereka berasal dari Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, masing-masing dua anak.

Ibu Syifa, Nur Ari Winarsih mengatakan, seperti anak-anak lainnya, sebelum menjalani ruwat potong rambut gimbal, orangtua harus memenuhi permintaan anaknya.


https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/081103678/dieng-culture-festival-di-tengah-pandemi-covid-19-digelar-sederhana-dengan

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi