Dibantu Menpora, PSSI Dapatkan Training Center untuk Timnas Indonesia

30 May 2022, 19:05

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kedua kanan) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri), Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Yunus Nusi (kiri) memberikan keterangan pers saat Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5/2022). Kongres tersebut akan membahas dua agenda utama yaitu laporan aktivitas serta keuangan 2021 dan rencana program serta anggaran 2022. ANTARA/M Agung Rajasa

TEMPO.CO, Jakarta – Keinginan PSSI untuk memiliki tranining center (pusat latihan) Timnas Indonesia akhirnya terwujud. Hal itu dikatakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, saat membuka Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Senin, 30 Mei 2022.

Menpora mengatakan, tempat pemusatan latihan timnas nantinya akan meminjam fasilitas dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Menpora menyebutkan, kerja sama dengan UPI tersebut adalah demi kepentingan nasional.

“Jadi kebutuhan ini sangat penting untuk membangun sepak bola kita. Teman-teman di PSSI sudah berusaha tetapi banyak yang harus diatasi dulu, sehingga untuk ke sana butuh juga bantuan. Oleh karena itu pemerintah membantu PSSI karena tugas kita mempercepat membangun sepak bola,” kata Menpora dalam siaran live Youtube PSSI.

“Kami menyampaikan kepada Ketua Umum PSSI untuk jangka cepat ini, ada satu calon (pemusatan latihan) di UPI. Kenapa ke sana, karena lingkungan yang cocok di perguruan tinggi pasti tenang di dalamnya, ada lapangan, ada sport science dan ada tempat penginapan, ini akan digunakan sementara,” ujar dia menambahkan.

Menurut Menpora, PSSI boleh memakai fasilitas di UPI tersebut sampai induk cabang olahraga sepak bola tersebut menemukan tempat untuk pemusatan latihan. Amali menambahkan, jika ada tempat pemusatan latihan maka pemain bisa berlatih kapan saja tidak harus dengan pelatih.

“Latihan tidak hanya saat ada pelatih saja, pemain bisa berlatih sendiri. Saya contohkan Cristiano Ronaldo, di saat teman-temannya masih tidur dia sudah berlatih sendiri. Kami harapkan pemain tidak hanya berlatih saat ada pelatih saja. Kalau numpang-numpang kan ada jamnya, kalau ini full bisa dipakai selama 24 jam,” katanya.

“(Sampai kapan PSSI akan berada di situ), sampai PSSI sudah tidak mau lagi atau sudah mendapatkan tempat yang bagus. Selama PSSI masih ingin di situ saya jamin itu bisa dipakai,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, untuk siapa saja yang akan memakai fasilitas training center tersebut akan dilihat nantinya. Iriawan menambahkan, tentu saja akan ada komunikasi dengan pelatih.

“Begitu ada ramai-ramai soal training center, Pak Menteri langsung jemput bola membantu mengecek ke UPI. Dan ternyata memang fasilitas lengkap, meski ada perbaikan sedikit,” kata Iriawan.

“Yang jelas kalau sudah ada training center tidur di situ tiap hari tiap jam bisa berlatih, bisa berlatih tanding tiap hari,” ujar Ketua PSSI itu.

Baca Juga: Persebaya Datangkan Pemain Baru dari Brasil
Selalu 
update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu. 


https://bola.tempo.co/read/1596565/dibantu-menpora-pssi-dapatkan-training-center-untuk-timnas-indonesia

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi