Di Prancis, Mobil Listrik Lebih Laku Dibanding Mobil Bensin

2 April 2022, 10:03

Peugeot 208. (Netcarshow.com)

TEMPO.CO, Jakarta – Penjualan kendaraan listrik baru (hybrid, plug-in hybrid dan baterai) di Prancis menyalip mobil bensin untuk pertama kalinya pada kuartal pertaman tahun ini. Melonjaknya penjualan kendaraan ramah lingkungan ini menjadi angin segar di tengah tingginya harga bahan bakar minyak dan gencarnya subsidi kendaraan listrik yang diberikan pemerintah Prancis.

Secara keseluruhan, penjualan mobil baru Prancis turun pada kuartal pertama dan mencatat penurunan kesepuluh bulan berturut-turut dengan penurunan hampir 20 persen pada bulan Maret. Penurunan ini disebabkan industri otomotif berjuang untuk mengatasi masalah rantai pasokan, termasuk kekurangan global chip semikonduktor.

Menurut laporan Reuters, 1 April 2022, yang mengutip data industri dari Plateforme (PFA), penjualan model listrik dan hybrid sepenuhnya menyumbang hampir 40 persen dari penjualan mobil baru, dibandingkan 38,3 persen untuk model bensin (konvensional).

Seorang juru bicara PFA mengatakan karena ketidakpastian perang di Ukraina dan kekurangan beberapa komponen, tidak mungkin untuk memberikan perkiraan penjualan mobil baru Prancis pada 2022.

Ditambah pangsa pasar penjualan model diesel sebesar 16,5 persen di kuartal I, model mesin pembakaran murni masih menjadi mayoritas.

Tapi ini adalah perubahan besar dalam penjualan mobil, karena kendaraan elektrifikasi masih relatif baru di industri otomotif.

Didorong oleh subsidi, larangan model bahan bakar fosil dan harga bensin yang tinggi, model listrik telah menjadi produk populer dalam waktu singkat.

Mobil listrik terlaris di Prancis pada bulan Maret adalah Tesla dengan Model 3, diikuti oleh Dacia Spring dari Renault, dan Peugeot 208 dari Stellantis. Secara keseluruhan, penjualan mobil Prancis turun 17,3 persen pada kuartal pertama.

REUTERS

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik di Seluruh Dunia pada 2021 Capai 6,5 Juta Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.


https://otomotif.tempo.co/read/1577607/di-prancis-mobil-listrik-lebih-laku-dibanding-mobil-bensin

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi