Dewas KPK Tak Permasalahkan Firli Bahuri Temui Lukas Enembe

24 October 2022, 20:55

JawaPos.com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mempermasalahkan jika Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe. Sebab, Firli berencana melihat langsung kondisi Lukas Enembe karena telah mangkir dua kali panggilan pemeriksaan dengan alasan kesehatan.
“Kalau dalam rangka pelaksanaan tugas tidak dilarang,” kata Anggota Dewas KPK Albertina Ho dikonfirmasi, Senin (24/10).
Menurut Albertina, Firli tidak perlu meminta izin kepada Dewas KPK untuk bertemu Lukas Enembe. Sebab, pertemuan itu dalam rangka melakukan kerja-kerja pemberantasan, meski bertemu langsung dengan pihak berperkara.
Hal ini sempat menjadi perbincangan karena pimpinan KPK dalam kode etik dan pedoman perilaku dilarang melakukan pertemuan dengan pihak berperkara. Namun, kata Albertina, jika dalam rangka melaksanakan tugas pemberantasan korupsi, hal itu tidak dipermasalahkan.
“Kalau tidak dilarang kan tidak perlu izin, yang penting dalam rangka pelaksanaan tugas,” tegas Albertina.
Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan, pihaknya akan segera membentuk tim khusus untuk mengecek kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe. Karena dikabarkan Lukas Enembe dalam keadaan sakit, sehingga tidak bisa menjalani pemeriksaan di KPK.
“Kita baru rapat, tim baru rapat kecil. Tapi, tim itu sudah segera terbentuk. Nanti kalau sudah terbentuk, maka tim ini akan melakukan agenda kegiatan,” kata Firli di Jakarta, Selasa (18/10).
Menurut Firli, tim tersebut juga akan membantu kesehatan Lukas agar segera bisa memberikan keterangan di hadapan penyidik KPK. Mengingat keterangannya dianggap penting untuk membuat titik terang kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi di Provinsi Papua.
“Melakukan untuk memastikan dan sekaligus membantu pemulihan kesehatan para pihak yang keterangannya dibutuhkan oleh KPK, terutama terhadap hak-hak tersangka harus kita penuhi. Saya kira itu ya,” ucap Firli.
Tim kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe telah membawa dokter pribadi Lukas Enembe untuk menjelaskan hasil pemeriksaan dokter ahli spesialis dari Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura kepada dokter dari KPK, Senin (17/10). Anton Mote, dokter pribadi Lukas mengatakan, pihaknya bersama dokter independen KPK bakal menemui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat untuk menyampaikan kondisi kesehatan Lukas Enembe.
“Hasil pertemuan tadi juga bersama dengan dokter dari KPK juga, rekomendasinya hari ini secara independen, saya dokter pribadi akan bertemu dengan IDI Pusat bersama dokter KPK untuk menyampaikan secara lengkap kondisi Pak Gubernur,” ujar Anton di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Senin (17/10).
Anton menjelaskan, kondisi terkini Lukas Enembe yang disebut memiliki banyak penyakit. “Hasil pemeriksaan, ginjal, hipertensi, diabetes, kolesterol. Kemudian ada stroke, kondisi sekarang. Masih dalam observasi,” demikian Anton menandaskan.

Editor : Banu Adikara Reporter : Muhammad Ridwan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi