Destinasi Wisata Bakal Ramai saat Libur Lebaran, Waspada Penularan Covid-19

3 April 2022, 15:03

Ilustrasi wisatawan memakai masker dan menjaga jarak. Dok. Kementerian Pariwisata

TEMPO.CO, Jakarta – Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Chusmeru memperkirakan pengunjung akan membludak di sejumlah destinasi wisata saat libur lebaran nanti. Sebab itu, perlu kesadaran dan antisipasi untuk mencegah penularan Covid-19.

“Terdapat potensi peningkatan jumlah pengunjung selama periode libur Lebaran 2022. Protokol kesehatan harus diperkuat karena pandemi belum berakhir,” kata Chusmeru pada Sabtu, 2 April 2022. Para wisatawan harus memperhatikan kondisi tubuh dan menerapkan protokol kesehatan.

Jangan memaksakan diri keluar rumah dan pergi ke tempat-tempat yang berpotensi kerumunan jika sedang kurang sehat atau sakit. Patuhi juga protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan memperhatikan kebersihan tangan.

Sementara untuk pengelola destinasi wisata, dia menyarakan agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pastikan setiap karyawan yang bekerja dalam kondisi sehat, menyediakan fasilitas mencuci tangan, mengatur kapasitas pengunjung, dan memantau penerapan protokol kesehatan secara berkala.

Pengelola destinasi wisata, menurut Chusmeru, juga harus lebih kreatif dalam menarik wisatawan sekaligus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di sela aneka hiburan, dia melanjutkan, ingatkan juga agar pengunjung mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap ataupun vaksin booster.

Chusmeru mengatakan, jangan menganggap jumlah kunjungan wisatawan akan berkurang selama Ramadan. Musababnya, tak sedikit juga orang yang memanfaatkan momentum puasa untuk berwisata demi menghabiskan waktu atau mengalihkan perhatian selama berpuasa.

Pengelola destinasi wisata dapat menyediakan minuman atau makanan kecil gratis untuk buka puasa. Pengelola juga bisa menampilkan gambar atau musik dengan tema Ramadan.

Baca juga:
Aturan Dilonggarkan, Simak Tips Aman Berwisata Saat Ramadan dan Lebaran

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1577962/destinasi-wisata-bakal-ramai-saat-libur-lebaran-waspada-penularan-covid-19

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi