Deretan Baju Adat Jokowi dari Tahun ke Tahun, Curi Perhatian dengan Kain Nusantara

16 August 2022, 19:49

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap tampil memukau dengan baju adat berbagai etnis seantero kepulauan Indonesia dalam sejumlah acara kenegaraannya. Selama dua masa kepemimpinannya, Jokowi telah ikut memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara dari baju adat yang ia kenakan.

Bahkan baru-baru ini, Jokowi mengenakan baju adat Paksian asal Bangka Belitung saat berpidato di Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Selasa (16/8/2022).

Mari kita kembali mengulik baju adat Jokowi dari tahun ke tahun.

1. Adat Kalimantan Selatan – 2017

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. [Suara.com/Kurniawan Mas’ud]

Pada periode pemerintahanya yang pertama, tepatnya pada 2017 silam, Jokowi mengenakan baju adat yang dikenakan masyarakat Kalimantan Selatan.

Baca Juga:
5 Fakta Unik Baju Paksian Asal Bangka Belitung yang Dipakai Jokowi, Estetik!

Adapun pakaian tersebut dikenakan oleh sang Presiden dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaann RI ke 72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).‎

Jokowi tampak ditemani oleh Jusuf Kalla alias yang kala itu menjadi wakil presiden. JK juga turut memakai baju adat yakni masyarakat Bugis.

Sang Presiden melayangkan latar belakang penggunaan baju adat tersebut guna memperkenalkan kekayaan budaya adat Indonesia.

“Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia,” kata Jokowi menjelang upacara di Istana.

2. Adat Sasak – 2019

Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2019. [YouTube: DPR RI]
Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2019. [YouTube: DPR RI]

Jokowi dan JK kembali memperkenalkan baju adat dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2019.

Baca Juga:
Capres 2024 Dipastikan Berebut Suara Jokowi, Pengamat: Menjadi Penentu Kemenangan

Kali ini, Jokowi berbalut baju berwarna emas yang memukau dari Sasak Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak lupa Jokowi juga memakai pentutup kepala serba emas dengan corak motif yang unik khas dari masyarakat suku Sasak.

3. Adat Sabu – 2020

Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020. [YouTube: Sekretariat Presiden]
Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020. [YouTube: Sekretariat Presiden]

Pada tahun setelahnya, Jokowi memperkenalkan adat dari Nusa Tenggara Timur dengan memakai baju adat khas kepulauan tersebut.

Tepatnya pada Sidang Tahunan 2020, Jumat (14/8/2020), Jokowi memakai baju adat suku Sabu. 

Sang Presiden tampak mengenakan baju berwarna dasar hitam dihiasi dengan selendang yang bermotif bunga emas melingkar di dadanya. Tak lupa, ia juga mengenakan masker yang bermotif senada dengan keseluruhan pakaian yang ia kenakan.

4. Adat Baduy – 2021

Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021. [YouTube: Sekretariat Presiden]
Pakaian Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021. [YouTube: Sekretariat Presiden]

Tak berhenti di 2020, Jokowi kembali mengenakan baju adat dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021.

Kala itu, Jokowi memperkenalkan salah satu budaya yang dimiliki oleh suku Baduy, yakni suku yang dinilai cukup tertutup namun memiliki kekayaan kearifan lokal. Jokowi tampak mengenakan baju kemeja adat berwarna hitam dilengkapi dengan tutup kepala berwarna biru khas para pria Baduy.

5. Adat Bangka Belitung – 2022

Presiden Jokowi memakai Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung, Selasa, 16 Agustus 2022 [SuaraSulsel.id/Istimewa]
Presiden Jokowi memakai Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung, Selasa, 16 Agustus 2022 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Tahun ini, Jokowi mengenakan baju adat Paksian khas masyarakat Bangka Belitung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Selasa (16/8/2022).

“Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian berasal dari Provinsi Bangka Belitung,” kata Jokowi dalam pdiatonya, Selasa (16/8/2022).

Menariknya, Jokowi mengenakan baju Paksian berwarna hijau yang dimodifikasi dengan mengusung motif Pucuk Rebung dengan filosofi tersembunyi.

“Motifnya bernama Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau yang kita pilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan,” ungkapnya.

Kontributor : Armand Ilham


https://www.suara.com/news/2022/08/16/185553/deretan-baju-adat-jokowi-dari-tahun-ke-tahun-curi-perhatian-dengan-kain-nusantara

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi