Demokrat Minta Pemerintah Cabut Aturan Tes PCR-Antigen Transportasi Darat

3 November 2021, 11:35

Demokrat Minta Pemerintah Cabut Aturan Tes PCR-Antigen Transportasi Darat

MerahPutih.com – Partai Demokrat meminta agar pemerintah mencabut aturan yang mewajibkan pelaku perjalanan darat yang menempuh jarak minimal 250 kilometer atau 4 jam perjalanan, membawa kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen.

Anggota Komisi V DPR Fraksi Demokrat Irwan menilai, aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 90 tahun 2021 ini membingungkan masyarakat dan penerapannya tidak efektif di lapangan.

“Seiring rencana pemerintah menghapus tes PCR di Jawa-Bali dan cukup tes antigen saya minta sebaiknya Surat Edaran Kemenhub ini dicabut saja,” kata Irwan dalam keterangannya, Rabu (3/11).

Baca Juga:

Stafsus BUMN Bantah Keterlibatan Erick Thohir dalam Permainan Tes PCR

Menurutnya, jika untuk membatasi mobilitas masyarakat selama masa libur Natal dan Tahun Baru, lebih baik pemerintah mengeluarkan surat edaran mengenai larangan mudik.

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini mengatakan, SE larangan mudik akan jauh lebih efektif membatasi mobilitas masyarakat ketimbang menerbitkan aturan yang tertuang dalam SE 90/2021.

Ilustrasi. ANTARA/HO
Ilustrasi. ANTARA/HO

“Jika semangatnya membatasi mobilitas masyarakat dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru, lebih baik edaran larangan mudik tegas dan itu lebih efektif membatasi masyarakat bepergian,” tegas dia.

Lagi pula, menurut Irwan, petugas di lapangan akan mengalami banyak kesulitan dengan terbitnya aturan tersebut. Sebab, sangat sulit membedakan mana masyarakat yang bepergian di atas dan kurang dari 250 km.

Baca Juga:

Bisnis Tes PCR Menjamur, Kemenkes: Tanggung Jawab Pemda

Politikus partai berlambang mercy biru ini menilai, SE 90/2021 itu hanya akan menimbulkan kemacetan dan berbagai masalah transportasi darat lainnya jika tidak segera dicabut.

“Bagaimana cara membedakan masyarakat yang bepergian di atas dan kurang dari 250 km di lapangan. Apakah tidak menimbulkan kemacetan dan permasalahan transportasi darat lainnya?. Saya minta sebaiknya Surat Edaran Kemenhub ini dicabut saja,” tegas dia. (Pon)

Baca Juga:

Aturan Tes PCR Berubah, Anggota DPR Ingatkan Hati-Hati Bikin Kebijakan


https://merahputih.com/post/read/demokrat-minta-pemerintah-cabut-aturan-tes-pcr-antigen-transportasi-darat

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi