Demokrat Anggap Rancangan Anggaran Alpahankam Tidak Masuk Akal

8 June 2021, 5:40

Syarief Hasan.

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan menyatakan pihaknya menilai rancangan pengadaan alat utama sistem senjata Tentara Nasional Indonesia (alutsista TNI), yang terangkum dalam rancangan Peraturan Presiden Alat Pertahanan dan Keamanan (Perpres Alpahankam) adalah hal yang tidak masuk akal karena angka pendanaannya sangat besar, tak sesuai dengan kondisi Indonesia yang tidak makmur.

“Memang sangat besar. Dalam waktu tiga tahun itu tidak masuk akal, dalam keadaan seperti ini, kecuali kita sudah makmur ya, kecuali rakyat sudah mulai ekonominya mulai bangkit, kecuali yang miskin sudah mulai semakin kurang, yang nganggur semakin kurang, income per kapita kita sudah naik menjadi US$ 5.000 misalkan, itu baru boleh,” ujar Syarief Hasan kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Ditegaskan Syarief, pihaknya mendukung modernisasi alutsista TNI sesuai program minimum essential force (MEF). Masalahnya, pihaknya memantau MEF yang dilakukan sampai periode ketiga saja tidak terserap dengan baik. Artinya, tak dilakukan pemerintah saat ini dengan baik.

“Maksud kita, ini boleh kalau mau bikin grand strategy yang baru dengan anggaran segitu, boleh kita dukung. Tetapi tidak untuk tiga tahun. Kalau bisa 10 tahun,” ujarnya.

“Jangka waktu, masa tiga tahun? Tranparansinya, bagaimana akuntabilitasnya, rakyat lagi susah,” tukasnya.

Sumber: BeritaSatu.com


https://www.beritasatu.com/politik/783697/demokrat-anggap-rancangan-anggaran-alpahankam-tidak-masuk-akal

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi