Demi Hentikan Perang Ukraina, Uni Eropa Hentikan 90 Persen Impor Minyak Rusia

31 May 2022, 9:04

Bendera Eropa berkibar di bawah Arc de Triomphe untuk merayakan dimulainya kepresidenan Prancis di Uni Eropa, di Paris, Prancis, 1 Januari 2022. [REUTERS/Christian Hartmann]

TEMPO.CO, Jakarta – Para pemimpin Uni Eropa sepakat untuk memotong 90% impor minyak dari Rusia pada akhir tahun ini, menyelesaikan kebuntuan dengan Hongaria atas sanksi terberat blok itu terhadap Moskow sejak invasi ke Ukraina tiga bulan lalu.

Para diplomat mengatakan perjanjian itu akan membuka jalan bagi elemen-elemen lain dari paket keenam sanksi Uni Eropa terhadap Rusia untuk diterapkan, termasuk memotong bank terbesar Rusia, Sberbank dari sistem pesan SWIFT.

“Kesepakatan untuk melarang ekspor minyak Rusia ke UE,” kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam sebuah tweet di akhir hari pertama pertemuan puncak dua hari dari 27 pemimpin blok itu, Senin, 30 Mei 2022.

“Ini segera mencakup lebih dari 2/3 impor minyak dari Rusia, memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perangnya. Tekanan maksimum pada Rusia untuk mengakhiri perang,” katanya.

Dua pertiga dari minyak Rusia yang diimpor oleh UE datang melalui kapal tanker dan sepertiganya melalui pipa Druzhba. Oleh karena itu, embargo impor minyak lintas laut akan berlaku untuk 2/3 dari semua minyak yang diimpor dari Rusia.

Embargo akan mencakup 90% dari semua impor dari Rusia setelah Polandia dan Jerman, yang juga terhubung ke pipa, berhenti membelinya pada akhir tahun.

Sebanyak 10% sisanya akan dibebaskan sementara dari embargo sehingga Hungaria yang terkurung daratan, bersama dengan Slovakia dan Republik Ceko, yang semuanya terhubung ke pipa, tetap bisa mendapat pasokan minyak.

Budapest juga tampaknya telah mendapatkan kepastian dari para pemimpin lain bahwa tindakan darurat akan diterapkan “dalam kasus gangguan pasokan yang tiba-tiba” menyusul kekhawatiran yang dikemukakan oleh Perdana Menteri Viktor Orban tentang risiko yang ditimbulkan pada pipa minyak Rusia yang mengalir melalui Ukraina ke Hongaria.

Larangan impor minyak ke negara-negara UE akan berlaku untuk minyak mentah Rusia yang dikirim dengan tanker.

Tidak segera jelas bagaimana negara-negara anggota yang menerima minyak dari kapal tanker akan diberi kompensasi untuk biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara yang akan tetap membuka jalur pipa.

Berikutnya: Kecaman Zelenskiy ke Uni Eropa


https://dunia.tempo.co/read/1596721/demi-hentikan-perang-ukraina-uni-eropa-hentikan-90-persen-impor-minyak-rusia

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi