Danjen Kopassus Berganti 3 Kali dalam 4 Bulan, Ada yang Hanya Menjabat 53 Hari

2 April 2022, 21:04

Kopasus. REUTERS/Beawiharta

TEMPO.CO, Jakarta – Brigadir Jenderal Iwan Setiawan resmi ditunjuk untuk menggantikan Mayor Jenderal Widi Prasetijono menjadi Komandan Jenderal atau Danjen Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI pada 25 Maret 2022.

Keputusan itu bersamaan dengan beberapa penunjukan dan penggantian posisi lain atau mutasi di tubuh TNI AD yang tertuang dalam SK Nomor Kep/271/III/2022 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Lingkungan TNI. Saat itu, totalnya sebanyak 113 Pati TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI Andika  Perkasa.

Setidaknya sudah tercatat sebanyak tiga kali pergantian pimpinan pada tubuh Kopassus dalam empat bulan terakhir. Dari ketiganya, pergantian pertama terjadi pada pertengahan November 2021. Berikut adalah ketiga orang yang sempat memimpin Kopassus dalam empat bulan terakhir itu.

  1. Mayjen Teguh Muji Angkasa

Mengutip dari Tempo pada November 2021, Mayjen Teguh Muji Angkasa menggantikan Majen M. Hasan sebagai Danjen Kopassus  pada pertengahan November 2021. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Mayjen Teguh Muji Angkasa sebelumnya bertugas sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan. Sementara Mayjen Hasan yang digantikan oleh Mayjen Teguh saat ini bertugas sebagai Pangdam Iskandar Muda di Aceh.

  1. Mayjen Widi Prasetijono

Mayjen Widi Prasetijono menggantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa sebagai Danjen Kopassus pada 21 Januari hingga 25 Maret 2022. Pria kelahiran 4 Juni 1971 itu menjabat sebagai Danjen Kopassus tercepat yang hanya menjabat selama 53 hari. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo tersebut saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggantikan Rudianto.

  1. Mayjen Iwan Setiawan

Mayjen Iwan Setiawan menggantikan Mayjen Widi Prasetijono sebagai Danjen Kopassus pada baru-baru ini, yaitu tanggal 25 Maret 2022. Iwan Setiawan adalah seorang lulusan Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sebelumnya, ia menjabat sebagai  Waaslat Kasad Bidang Kermamil sejak 13 September 2021 hingga 25 Maret 2022.

Iwan Setiawan adalah satu di antara tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan bendera merah putih di Puncak Everest. Pencapaiannya itu berkat dirinya mengikuti seleksi dan menjadi salah satu perwira Akmil yang lolos dan lulus untuk mengikuti ekspedisi pendakian menyambut HUT ke-45 Kopassus saat itu.

Itulah tiga orang pemimpin Kopassus selama empat bulan terakhir, terhitung sejak pertengahan November hingga 25 Maret 2022.

RISMA DAMAYANTI 

Baca: Begini Perjalanan Karier Danjen Kopassus Baru Iwan Setiawan

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://nasional.tempo.co/read/1577757/danjen-kopassus-berganti-3-kali-dalam-4-bulan-ada-yang-hanya-menjabat-53-hari

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi