Daftar Harga Kebutuhan Pokok yang Naik Jelang Ramadhan

2 April 2022, 12:47

Daftar Harga Kebutuhan Pokok yang Naik Jelang Ramadhan

Suara.com – Seperti biasa, kedatangan bulan Ramadhan juga diikuti dengan datangnya harga-harga kebutuhan pokok terbaru. Memasuki bulan April ini, beberapa kebutuhan pokok sudah mulai naik.

Deretan kebutuhan pokok selalu naik ketika akan datang bulan Ramadan. Situasi bertambah parah karena beberapa kebijakan turut memaksa adanya kenaikan kebutuhan pokok lainnya.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Maret 2022, terjadi inflasi sebesar 0,66 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 108,95.

Berikut ini beberapa kebutuhan pokok yang naik per 1 April 2022. Kenaikan ini terpantau para reporter Suara.com di beberapa daerah di Tanah Air.

Baca Juga:
BLT Minyak Goreng: Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu Lengkap Kriteria Syarat Penerima

1. Cabai Merah

Cabai merah terpantau sudah mengalami kenaikan. Kenaikan ini terpantau karena ada faktor pergeseran cuaca, yang mengakibatkan panen tak maksimal.

Cabai merah keriting di Solo mengalami kenaikan Rp3000 per kilogram. Sementara kenaikan cabai merah besar mencapai Rp12 ribu per kilogram.

2. Harga Daging Sapi dan Ayam

Harga daging segar sudah mengalami kenaikan, salah satunya terpantau di Pasar Beringharjo Jogja. Setelah tiga hari terakhir Rp35 ribu, kini harganya sudah naik Rp38 ribu per kilogram.

Baca Juga:
Penjualan Kendaraan di Indonesia Bisa Terganggu Akibat Naiknya Harga BBM

Kenaikan turut terjadi di harga daging sapi. Harga daging sapi per satu kilogram mencapai Rp125 ribu. Kenaikan ini sudah terjadi sejak pertengahan Maret.

3. Minyak Goreng

Minyak goreng menjadi salah satu yang mengalami kenaikan pada awal April ini. Namun, kenaikan ini sejatinya sudah terjadi beberapa bulan lalu, namun semakin tinggi jelang bulan Ramadan.

Namun yang melegakan harga minyak goreng curah mengalami penurunan, bila dibandingkan Februari lalu. 

4. Pertamax

Harga Pertamax mengalami peningkatan dari Rp9.000 hingga Rp12.500. PT Pertamina menyebut kenaikan bahan bakar minyak nonsubsidi ini untuk menekan beban keuangan perseroan. 

Untungnya, penyesuaian harga ini hanya berlaku untuk Pertamax. Pertamax hanya digunakan 14 persen konsumen Tanah Air.

5. Gas 3 Kilogram

Kenaikan harga gas 3 kilogram turut terjadi jelang Ramadan ini. Bahkan, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang memberi sinyal bahwa gas LPG akan turut naik, seperti Pertamax.

Luhut menyebut bahwa kenaikan akan terjadi mulai 1 April, Juli hingga September. Namun, pemerintah memastikann jatah subsidi untuk rakyat kecil tak akan dihilangkan.


https://www.suara.com/news/2022/04/02/122111/daftar-harga-kebutuhan-pokok-yang-naik-jelang-ramadhan

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi