Daftar Baju Adat Dipakai Presiden Jokowi Saat Pidato Kenegaraan Sambut HUT Kemerdekaan RI 2017-2022

16 August 2022, 21:21

Presiden Jokowi mengenakan Paksian

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap memakai pakaian atau baju adat dari berbagai suku di Indonesia dalam setiap acara kenegaraan termasuk ketika pidato jelang HUT Kemerdekaan RI.

Deretan baju adat yang pernah dipakai Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan menyambut HUT Kemerdekaan RI dimulai pada tahun 2017 hingga teranyar tahun ini tepatnya pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Baju adat yang dipakai Jokowi saat pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 jelang HUT ke-72 Kemerdekaan RI yaitu berasal dari Bugis.

Baca Juga: Makna Motif Pucung Rebung Baju Adat Paksian, Dipakai Presiden Jokowi Saat Pidato Kenegaraan

Tampak kala itu Jokowi memakai songkok Bugis berwarna emas dan sarung songket bernuansa oranye dan merah marun.

Berlanjut dalam Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Istana Negara tahun 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh didominasi warna hitam dan memakai penutup kepala merah.

Baju adat berikutnya ialah asal Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipakai saat pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPR-DPD pada Agustus 2019 jelang HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR, Mengenakan Baju Adat Paksian dari Provinsi Bangka Belitung

Presiden mengenakan baju adat Sasak berwarna cokelat dengan bawahan kombinasi hitam, emas, dan oranye, dilengkapi keris yang tampak terpasang di bagian depan pakaian.

Pada tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI.


https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-135290909/daftar-baju-adat-dipakai-presiden-jokowi-saat-pidato-kenegaraan-sambut-hut-kemerdekaan-ri-2017-2022

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi