Cuaca Besok Kamis 18 Agustus 2022, Langit Pagi Jabodetabek Cerah Berawan

17 August 2022, 8:48

Sebelumnya, delapan daerah di Sulawesi Tengah diminta mewaspadai cuaca buruk yang diperkirakan terjadi dalam 3 hari.

Peringatan itu dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Palu terkait prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Sulawesi Tengah.

Delapan daerah berstatus waspada hujan lebat itu yakni Sigi, Tolitoli, Buol, Poso, Donggala, Banggai, Parigi Moutong, dan Tojo Una-una.

“Kondisi itu karena konvergensi udara di atas Sulawesi Tengah yang meningkatkan labilitas atmosfer yang berdampak pada makin aktifnya pertumbuhan awan-awan hujan di beberapa wilayah,” Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Palu, Affan Nugraha Diharsya menjelaskan, Senin 15 Agustus 2022.

Kondisi yang diperkirakan terjadi dalam 3 hari sejak 15 Agustus itu, menurut BMKG, berpotensi memicu longsor dan guguran bebatuan dalam skala menengah terutama di daerah-daerah tebing dan gunung.

Selain itu, masyarakat juga diminta mewaspadai potensi peningkatan aliran sungai dan banjir yang dapat mengganggu aktivitas dalam skala menengah.

Pemerintah daerah setempat bersama pihak terkait lainnya juga diminta menjalin koordinasi untuk mengantisipasi potensi dampak tersebut. Terutama daerah-daerah yang kerap dilanda bencana banjir maupun longsor.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


https://www.liputan6.com/news/read/5044098/cuaca-besok-kamis-18-agustus-2022-langit-pagi-jabodetabek-cerah-berawan

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi