Cerita Melanie Subono dan Petugas Damkar yang Menolak Diberi Uang

3 April 2022, 12:03

Melanie Subono bersama petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan. Petugas Damkar menolak uang tanda terima kasih dari Melanie setelah membantunya mengevakuasi sarang lebah di kediamannya, Jakarta, 2 April 2022. Foto: Instagram/Humasjakfire

TEMPO.CO, Jakarta – Penyanyi Melanie Subono memuji petugas pemadam kebakaran (Damkar) Jakarta Selatan yang merespons laporannya dengan tanggap. Sebagai tanda terima kasih, dia meletakkan setoples kue di kursi depan mobil pemadam dan menyelipkan uang.

Namun, petugas justru mengembalikan uang yang diberikan Melanie Subono.

“Satu atau dua menit mereka naik mobil, satu orang mas datang mengembalikan uangnya sambil bilang ‘Maaf kami tidak bisa menerima ini’,” demikian unggahan Instagram @humasjakfire pada Sabtu, 2 April 2022.

Melanie menghubungi petugas Damkar untuk mengevakuasi sarang lebah yang berada di atas tempat anjing-anjingnya. Kaki salah satu anjing Melanie tampak bengkak yang rupanya terkena sengatan lebah.

Dia langsung meminta bantuan Damkar. “Gue menghubungi mereka mengikuti jalur dan tidak menggunakan nama gue buat ngeliat aja,” tulis Melanie yang diunggah ulang di akun @humasjakfire.

Menurut dia, petugas Damkar cepat tanggap mengevakuasi sarang lebah itu. Petugas, Melani berujar, merampungkan pekerjaannya dalam dua jam.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan kemudian menyambangi petugas Damkar Pos Cipete. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghubungi Satriadi agar bisa berbicara dengan petugas damkar terkait.

Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mempersilakan warga menghubungi pihaknya di nomor Jakarta Siaga 112, melalui aplikasi JAKI, media sosial atau datang langsung ke Pos/Sektor Pemadam Kebakaran terdekat jika melihat atau mengalami kondisi darurat.

Pemerintah menegaskan jika pelayanan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan oleh pemadam kebakaran atau Damkar DKI ini tidak dikenakan biaya.

Baca juga: Damkar Evakuasi Penyandang Disabilitas Mental yang Terjepit di Bangku Taman


https://metro.tempo.co/read/1577898/cerita-melanie-subono-dan-petugas-damkar-yang-menolak-diberi-uang

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi