Cerita Afrizal, Jualan Bumbu di Pasar Sukses Raup Omzet Ratusan Juta, Ini Resepnya

19 August 2022, 8:06

JAKARTA, KOMPAS.com – Afrizal Rifai, salah satu pedagang bumbu di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, menceritakan kisahnya berdagang hingga mencapai omzet ratusan juta rupiah.

Apa resep sukses Afrizal? Simak ceritanya. 

Kepada Kompas.com, Afrizal menceritakan, inisiatifnya berjualan bumbu lahir ketika ia merasakan pukulan hebat sejak adanya pandemi Covid-19.

Ia dulunya bekerja sebagai driver Grab. Namun, gara-gara pandemi Covid-19, pemasukannya turun drastis. 

Baca juga: Kisah Neneng, Pilih Resign lalu Buka Toko Kelontong, Ternyata Tak Semudah yang Dibayangkan…

Mau tak mau ia harus memutar otak memikirkan cara bagaimana untuk tetap bertahan hidup.

“Saya dulu mantan driver Grab juga dan ingat kalau di Grab ada layanan GrabMartnya. Karena pemasukan saya berkurang ketika pandemi dan melihat banyak teman-teman colaps yah saya putar otak dong dan teringatlah layanan GrabMart itu. Saya daftar, urus semua sampai di 14 Februari 2021 saya resmi jadi mitra GrabMart,” ujar Afrizal saat ditemui Kompas.com, di Pasar Tomang, Kamis (18/8/2022).

Menurut Afrizal, banyak merasakan manfaat ketika masuk ke pasar digital menjadi mitra GrabMart. Mulai dari bisnisnya banyak dikenal orang, banyak pembeli, hingga omzetnya meroket drastis.

Baca juga: Intip Strategi Bisnis Korean Toast Asal Bekasi “Papanala”, hingga Raup Omzet Rp 100 Juta Per Bulan

Omzet bertumbuh seiring naiknya tren belanja online

Afrizal mengaku, pada saat masuk pertama kali ke digital tidak terlalu begitu terasa dampaknya dari sisi omzet. Hingga lambat laun, seiring tren belanja online meningkat, bisnis online Afrizal di GrabMart dilirik banyak pelanggan.

Omzet yang ia dapat di bulan pertama hanya berapa puluh ribu. Kemudian meningkat terus sampai belasan jutan hingga puluhan juta.

Baca juga: Tips Usaha Minuman Kekinian, Harga Mulai Rp 5.000, Omzet Per Bulan Bisa Rp 60 Juta (2)

Adapun ketika perayaan Idul Fitri, ketika masyarakat banyak belanja kebutuhan bumbu, Afrizal meraih omzet Rp 25 juta sebulan.


https://money.kompas.com/read/2022/08/19/062601626/cerita-afrizal-jualan-bumbu-di-pasar-sukses-raup-omzet-ratusan-juta-ini

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi