Cek Kondisi Filter Udara Agar Motor Lolos Uji Emisi

3 November 2021, 14:11

Cek Kondisi Filter Udara Agar Motor Lolos Uji Emisi

Laporan Reporter Muhammad Farhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebelum ikut tes uji emisi di bengkel, sebaiknya periksa lebih dulu kondisi filter udara yang terpasang di motor.

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020, kendaraan seperti motor dan mobil yang berusia di atas tiga tahun wajib lolos uji emisi agar bisa beroperasi di Jakarta.

“Untuk menghasilkan pembakaran optimal di mesin, pasokan udara yang masuk harus lancar sehingga kadar emisi yang keluar juga ideal,” terang Indrawan, kepala mekanik Suzuki SMG Sunter, Jakarta Utara.

Kalau filter udara kotor tetap dipakai, efeknya bisa bikin ruang bakar lebih cepat timbul endapan karbon karena bikin proses pembakaran jadi enggak sempurna.

Endapan karbon ini bikin kadar hidrokarbon (HC) yang dihasilkan mesin terbaca di atas batas normal saat dites dengan alat uji emisi.

Baca juga: Motor dengan Knalpot Racing Bisa Gagal Lolos Uji Emisi, Ketahui Penyebabnya

Filter udara motor harus dalam kondisi bagus alias masih bersih agar udara yang diperlukan mesin bisa masuk dengan maksimal.

Sebab dalam kondisi filter udara kotor, dipastikan elemen penyaring yang ada sudah tertutupi debu dan menghambat masuknya udara bersih yang diperlukan mesin.

Baca juga: Lima Tips Agar Kendaraan Lolos Uji Emisi

“Kalau saat dicek elemen kertas filter sudah berwarna gelap, tandanya sudah kotor sehingga wajib diganti dengan yang baru,” jelasnya.

Jadi, dari pada motor kalian tidak lolos uji emisi cuma gara-gara filter udara yang kotor, sebaiknya dicek saja sebelum tes.

Baca juga: Aturan PPnBM Mobil Kini Dirombak, Besaran Tarif Dihitung Berdasarkan Emisi Gas Buang

Lakukan pembersihan atau pergantian filter udara jika sudah kelewat kotor.

Masa pakai filter udara motor biasanya sekitar 8 ribu kilometer, bisa lebih cepat kalau motor dipakai di area perkotaan atau industri yang cenderung berdebu.

Selain bikin emisi gas buang jadi jelek, filter udara yang kotor juga bisa mengurangi performa mesin dan bikin konsumsi bensin lebih boros.

Artikel ini tayang di Gridoto dengan judul Sebelum Ikut Uji Emisi, Periksa Dulu Kondisi Filter Udara Motor Kalian


https://www.tribunnews.com/otomotif/2021/11/03/cek-kondisi-filter-udara-agar-motor-lolos-uji-emisi

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi