CEK FAKTA: Beredar Video Ustaz Abdul Somad Disebut Sering Masuk Gereja Saat Masih Muda, Benarkah?

30 May 2022, 20:48

Suara.com – Sosok penceramah kondang Ustaz Abdul Somad kerap menghiasi pemberitaan dalam negeri dengan berbagai narasi. Salah satunya soal sosok UAS yang disebut sering masuk gereja saat masih muda, atau dalam narasinya menggunakan kata suci.

Narasi ini seperti yang terlihat pada unggahan akun TikTok @rajanabasa. Tampak sosok UAS yang masih muda sedang duduk bersama temannya di kursi yang memang terlihat seperti yang biasa dijumpai di dalam gereja.

Rupanya waktu masih suci, sering masuk gereja. Teman-teman apa ada yang kenal pemuda ini?” begitulah narasi yang beredar, seperti dilansir pada Senin (30/5/2022).

Tangkapan layar video yang menunjukkan sosok muda Ustaz Abdul Somad sering masuk ke gereja. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)
Tangkapan layar video yang menunjukkan sosok muda Ustaz Abdul Somad sering masuk ke gereja. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Video tersebut tentu saja meresahkan publik mengingat sosok UAS yang dikenal sangat kental ajaran Islam-nya. Namun benarkah narasi serta video yang beredar tersebut?

Baca Juga:
CEK FAKTA: Ramai Beredar Foto Ustaz Abdul Somad Pakai Baju Pastor, Ternyata Ini Sosok Aslinya

Penjelasan

Melansir keterangan di kolom caption akun Instagram UAS sendiri, sang pendakwah menyatakan bahwa video dan narasi tersebut adalah fitnah belaka.

UAS menerangkan bahwa video tersebut diambil dari momen ketika ia menghadiri salah satu acara di Kampus Al Azhar di Kairo, Mesir.

Tangkapan layar klarifikasi Ustaz Abdul Somad soal video yang menunjukkan sosok mudanya sering masuk ke gereja. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)
Tangkapan layar klarifikasi Ustaz Abdul Somad soal video yang menunjukkan sosok mudanya sering masuk ke gereja. (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Fitnah datang dari kebencian, lalu menyebar hoax,” tutur UAS sebagai pembuka penjelasannya, dikutip Suara.com dari @ustadzabdulsomad_official.

Video ini adalah saat UAS menghadiri munaqasyah S3 Habib Hamid ibn Ali al-Mahdaly tahun 1998 di kampus al-Azhar Cairo Mesir,” imbuhnya.

Baca Juga:
Ustaz Abdul Somad Dituding Sering Masuk Gereja, Ustaz Felix Siauw Sindir Keras: Ga Fitnah Ga Makan?

UAS juga menyertakan sebuah video yang diambil dari aplikasi Snack Video. Video yang disebut bersumber dari Calon Imam itu memperlihatkan video serupa dengan durasi lebih panjang dan narasi bahwa UAS sedang menimba ilmu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]


https://www.suara.com/news/2022/05/30/195219/cek-fakta-beredar-video-ustaz-abdul-somad-disebut-sering-masuk-gereja-saat-masih-muda-benarkah

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi