CEK FAKTA: Benarkah DPW Partai Nasdem DIY Bikin Baliho Dukung Anies di Pemilu 2024?

30 May 2022, 11:48

CEK FAKTA: Benarkah DPW Partai Nasdem DIY Bikin Baliho Dukung Anies di Pemilu 2024?

Suara.com – Beredar gambar baliho berlambangkan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan pada pencalonan Presiden 2024.

Gambar baliho itu beredar di media sosial, salah satunya diunggah oleh sebuah akun Facebook.

Pada foto tersebut, terlihat Foto Anies Baswedan mengenakan balangkon dengan narasi dukungan terhadapnya oleh DPW Partai Nasdem DIY.

Beritut narasinya:

Baca Juga:
Tebet Eco Park Dipadati Warga saat Akhir Pekan

“Kita Nyengkuyung Rekomendasi DPW Partai NASDEM Provinsi D.I. Yogyakarta Dhateng Bapak Anies Baswedan lebeting pencalonan Presiden 2024 FORUM RELAWAN YOGYAKARTA UNTUK ANIES BASWEDAN”

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

CEK FAKTA: Baliho Anies Baswedan (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Baliho Anies Baswedan (Turnbackhoax.id)

Menurut penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, perwakilan DPW Partai Nasdem Provinsi D.I. Yogyakarta sudah memberikan klarifikasi.

Pihaknya menyebutkan bahwa Partai Nasdem tidak pernah memasang baliho terkait pencalonan presiden Anies Baswedan seperti yang viral di media sosial.

Baca Juga:
Bikin Heboh Peserta Milad, Anies Berpantun: Kembali Bersama PKS Esok Penuh Dengan Harapan

Pada laman resmi DPW Partai Nasdem Provinsi D.I. Yogyakarta, Ketua DPW Nasdem DIY, Subardi, mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menetapkan satu nama untuk calon presiden pada pemilu 2024.

“Saya klarifikasi baliho tersebut bukan atas persetujuan DPW NasDem DIY. Kami tidak pernah merekomendasikan satu nama calon presiden,” kata Mbah Bardi, sapaan akrabnya, Jumat (13/5/2022).

Subardi juga menegaskan bahwa pihaknya sudah terbentuk relawan beberapa calon presiden, namun belum merekomendasikan satu nama capres.

Kesimpulan

Melalui beberapa penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa beredarnya baliho dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024 dari DPW Partai NasDem DIY adalah salah.

Konten tersebut masuk dalam hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]


https://www.suara.com/news/2022/05/30/105154/cek-fakta-benarkah-dpw-partai-nasdem-diy-bikin-baliho-dukung-anies-di-pemilu-2024

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi