Catat, Ini Waktu Pelaksanaan Upacara HUT ke-77 RI di Monas

16 August 2022, 13:25

Catat, Ini Waktu Pelaksanaan Upacara HUT ke-77 RI di Monas
bendera merah putih raksasa di monas. ©2014 merdeka.com/fikri faqih

Merdeka.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8) besok. Seluruh akses menuju kawasan Monas akan dibatasi saat upacara Bendera 17 Agustus tersebut.

“Untuk itu kami berharap peserta sudah tiba di lokasi sebelum pukul 06.45 WIB disebabkan akan dilakukan penutupan akses jalan menuju Monas untuk pelaksanaan upacara bendera HUT ke-77 kemerdekaan RI,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, Selasa (16/8).

taboola mid article

Arifin melanjutkan, Satpol PP bertugas untuk mengamankan Monas agar dapat menyukseskan pelaksanaan upacara bendera HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia. Pengamanan dimulai dari pegawai atau peserta upacara masuk ke lokasi dan selama berlangsungnya upacara di Plaza Selatan Monas.

“Satpol PP DKI Jakarta juga terlibat pengamanan upacara di tingkat provinsi dan pelaksanaan detik-detik proklamasi karena akan ada kirab mengeluarkan bendera dan teks proklamasi dari Monas menuju Istana Negara,” kata Arifin.

Arifin juga menambahkan, sebanyak 100 personel Satpol PP dikerahkan untuk pengamanan selama berlangsungnya upacara bendera HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia digelar Pemprov DKI Jakarta di Monas. Selain bertugas menjaga keamanan, Satpol PP juga akan menjadi petugas upacara dan telah menggelar gladi bersih upacara bendera pada har ini Selasa (16/8).

“Personel Satpol PP DKI Jakarta akan menjadi petugas yakni perwira, pemimpin upacara, pembaca Pancasila dan UUD 1945,” kata Arifin.

2 dari 3 halaman

Kirab Bendera Merah Putih di Monas

Kawasan dan Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, ditutup sementara pada hari ini untuk kelancaran kegiatan kirab bendera. Kawasan Monas akan dibuka kembali pada 17 Agustus 2022, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Namun Tugu Monas masih akan ditutup dan dibuka kembali Kamis (18/8) lusa.

“Tugu Monas besok masih tutup, dibuka kembali Kamis 18 Agustus mulai pukul 08.00,” kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sanuri, Selasa (16/8).

Selain itu, Sanuri juga mengatakan kerja bakti telah dilaksanakan di kawasan Monas pada Senin (15/8) dalam rangka mendukung pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Kerja bakti itu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali dan melibatkan ribuan personel dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Taman dan Hutan Kota, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Gulkarmat, Satpol PP, dan petugas PPSU.

“Kerja bakti kemarin untuk memastikan kawasan Monas dapat tetap terjaga kebersihannya, bahkan saat perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” kata Sanuri.

3 dari 3 halaman

Anies Pimpin Upacara di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan pimpin upacara HUT RI ke-77 di Monas sisi selatan. Nantinya, upacara akan dimulai pukul 07.00 WIB.

“Untuk upacara HUT DKI jam 07.00 sampai 07.45 dipimpin Pak Gubernur langsung. Untuk upacara di Monas sisi selatan. Untuk persiapan sudah dilakukan tadi pagi. Tadi pagi sudah gladi bersih,” kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Andriansyah ketika dihubungi, Senin (15/8).

Selanjutnya, perayaan HUT akan ada kirab yang dipanitiai oleh pemerintah pusat.

“Tidak akan ada acara seusai upacara 17 Agustus karena Monas harus segera bersih, mau ada kirab. Kirabnya itu dari panitia HUT pusat,” kata Andri.

Meskipun tidak ada acara setelah upacara, Pemprov DKI telah mengimbau kepada seluruh masyarakat dan perangkat daerah untuk menghias lingkungan atau gedung kantor.

“Kemudian juga mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan HUT dengan mempedomani status PPKM yang sedang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta,” kata Andri. [gil]

Baca juga:
Demi Kibarkan Merah Putih, Pelajar SD Ini Nekat Panjat Tiang Bendara
Jelang HUT RI, Permintaan Patung Garuda Pancasila Meningkat
Contoh Puisi Semangat Kemerdekaan 17 Agustus 2022, Buat Jiwa Nasionalis Membara
Polisi Baik Cari Orang di Jalan yang Hafal Teks Proklamasi, Ending-nya Tak Terduga
Drumband Pakai Alat Rumah Tangga, Aksi Ibu-ibu Latihan Karnaval 17-an Curi Perhatian
Lomba 17-an untuk Kucing Ini Viral, Tak Mau Kalah dari Manusia


https://www.merdeka.com/jakarta/catat-ini-waktu-pelaksanaan-upacara-hut-ke-77-ri-di-monas.html

 

Partai

Institusi

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Transportasi