Cara Ubah File Microsoft Word ke PDF dengan Cepat Tanpa Website

3 April 2022, 18:17

Ilustrasi mengubah file Microsoft Word ke PDF

KOMPAS.com– Sebagian pengguna mungkin kini tak asing lagi dengan program pengolah kata, Microsoft Word atau kerap disebut dengan Word saja. Program yang dikembangkan Microsoft ini cukup banyak membantu pengguna dalam membuat berbagai dokumen.

Pengguna bisa membuat surat, laporan, jurnal ilmiah, hingga riwayat pengalaman kerja (CV), lewat fitur yang disediakan Microsoft Word. Proses pengerjaan sebuah dokumen tersebut di Microsoft Word bisa dikatakan lebih mudah.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Microsoft Excel beserta Shortcut yang Sering Dipakai

Word memiliki beragam fitur menarik, seperti koreksi otomatis dan penerjemah tulisan, yang kian memudahkan pengguna dalam merampungkan sebuah dokumen.

Kendati demikian, kadang pengguna perlu mengubah format file Microsoft Word yang biasanya berekstensi “DOC” menjadi “PDF”. Pengubahan format ini biasa terjadi lantaran penerima dokumen kadang mensyaratkan dokumen harus berformat PDF.

Dokumen yang disimpan dalam format Portable Document Format (PDF) menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya, menjamin tampilan dokumen tetap terlihat sama saat diterima oleh pengguna lain.

Alias tata letak isi dokumen PDF tak akan berubah, sekalipun dibuka pada perangkat atau software yang berbeda. Kelebihan lainnya adalah file PDF dapat diakses melalui banyak perangkat, termasuk PC dan ponsel.

Bahkan, dokumen dalam bentuk PDF juga bisa dibuka melalui browser, seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Chrome. Tak heran bila PDF menjadi salah satu format yang menjadi andalan pengguna ketika ingin berkirim dokumen.

Lantas, bagaimana cara ubah Word ke PDF? Tenang, Microsoft Word memiliki fitur yang bisa mengubah format dokumen dari DOC ke PDF secara langsung, tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau platform website penyedia layanan konversi format dokumen.

Baca juga: 3 Cara Blok Tulisan Microsoft Word via Mouse dan Keyboard

Penasaran dengan cara mengubah word ke PDF? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Buka dokumen berformat DOC yang ingin diubah jadi PDF menggunakan aplikasi Microsoft Word di desktop Anda
  • Setelah aplikasi terbuka, klik tab “File” lalu pilih opsi “Save As..” dan jendela pengaturan penyimpanan dokumen bakal terbuka
  • Pilih lokasi untuk menyimpan dokumen yang nantinya bakal berformat PDF tersebut
  • Kemudian pada kolom “File Format” di jendela tersebut, pilih format dokumen “PDF”
  • Untuk menyelesaikan tindakan, klik opsi “Export”. 
Ilustrasi cara mengubah Word ke PDFKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah Word ke PDF

Setelah memilih opsi tersebut, kini Anda memiliki salinan dari dokumen tersebut yang telah berformat PDF. Mudah bukan? Anda tak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan atau website untuk mengubah Word ke PDF.

Dalam menyajikan cara di atas, KompasTekno menggunakan laptop dengan versi sistem operasi MacOS Mojave. Sementara itu, versi aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Word 2019.

Baca juga: Mengenal Program Pengolah Kata Microsoft Word

Beda versi sistem operasi dan aplikasi, mungkin bakal beda juga letak opsi untuk mengubah Word ke PDF. Itulah cara mengubah Word ke PDF dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://tekno.kompas.com/read/2022/04/03/12300087/cara-ubah-file-microsoft-word-ke-pdf-dengan-cepat-tanpa-website

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi