Cara Mengatasi Filter Efek Instagram yang Gagal Digunakan

30 May 2022, 18:17

KOMPAS.comInstagram tampaknya beberapa hari ini tengah mengalami gangguan. Adapun gangguan atau bug itu berupa filter di fitur kamera Instagram yang tiba-tiba tidak dapat digunakan.

Sebagian pengguna pun kedapatan membagikan pengalaman berjumpa dengan gangguan tersebut melalui unggahan di platform Twitter, sebagaimana yang tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Ini Penyebab Kenapa Tidak Bisa Masuk Instagram dan 7 Cara Mengatasinya

Pengguna dengan handle @bbyynia_ itu dalam bahasa Indonesia mengatakan, “mengapa saya melihat (pesan) “tidak dapat menggunakan efek ini” di Instagram Stories”, katanya lewat Twitter yang diunggah pada Jum’at (27/5/2022).

Tidak bisa diketahui secara pasti kapan pertama kali munculnya bug Instagram ini. Namun, dari beberapa unggahan pengguna di Twitter, tampaknya gangguan tersebut diketahui telah mulai dirasakan sejak tanggal 26 Mei lalu.

Sama halnya dengan pengguna di atas, pengguna dengan handle @Koyya_Vivi juga mengeluhkan terjadinya bug Instagram tersebut.

“Apakah Anda (Instagram) memperbaiki masalah tentang tidak dapat menggunakan fitur filter untuk membuat Stories? Banyak orang menemukan kesalahan yang sama”, ungkapnya lewat Twitter yang diunggah pada Kamis (26/5/2022).

KompasTekno sendiri telah mencoba fitur filter di Instagram dan menemukan pula adanya semacam bug saat hendak membuat Stories. Bug Instagram ini ditemukan pada sekitar pukul 20.10 WIB tanggal 26 Mei lalu.

Ketika membuat Stories dengan menggunakan filter di Instagram, tiba-tiba layar kamera aplikasi berubah menjadi gelap dan muncul pesan bertuliskan “Unable to use this effect on your device”, sebagaimana tertera pada hasil tangkapan layar di bawah ini.

Bug Instagram dengan pesan Unable to use this effect on your device yang muncul saat membuat Stories menggunakan filter.KOMPAS.com/Zulfikar Bug Instagram dengan pesan Unable to use this effect on your device yang muncul saat membuat Stories menggunakan filter.

Pesan “Unable to use this effect on your device” atau “Gagal menggunakan efek ini di perangkat Anda” tersebut tidak hanya muncul pada salah satu filter efek.

KompasTekno mencoba membuat Stories dengan memilih kurang lebih 10 filter efek yang berbeda dan hasilnya pesan itu tetap muncul di layar kamera aplikasi. Sebagai informasi tambahan, percobaan ini dilakukan lewat iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1.


https://tekno.kompas.com/read/2022/05/30/14010047/cara-mengatasi-filter-efek-instagram-yang-gagal-digunakan

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi