Capaian Terbesar Jelang HUT ke-77 RI, Moeldoko: Berhasil Atasi Covid-19

16 August 2022, 9:17

Capaian Terbesar Jelang HUT ke-77 RI, Moeldoko: Berhasil Atasi Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan pencapaian besar yang patut direfleksikan jelang HUT ke-77 RI, pada 17 Agustus 2022 adalah keberhasilan “membajak krisis” pandemi Covid-19 dan kontestasi geopolitik global menjadi sebuah ketahanan dan transformasi nasional.

Moeldoko dalam keterangannya di Jakarta, Senin (15/8/2022) mengatakan bahwa masyarakat harus optimistis dengan segala pencapaian bangsa Indonesia di tengah kondisi global yang serba tidak pasti.

“Tahun lalu di momen peringatan kemerdekaan yang ke-76, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan agar kita ‘membajak krisis’. Satu tahun kemudian kita berhasil membuktikannya. Saat banyak negara tidak mampu mengendalikan inflasi dan daya beli, Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 5,44 persen,” ucap Moeldoko.

Selain itu, kata Moeldoko, di tengah pandemi dan gempuran krisis global, kinerja ekspor Indonesia juga terus mencatatkan peningkatan. Ekspor Indonesia pada bulan Juni 2022 tercatat 26,10 miliar dolar AS atau naik sekitar 40,68 persen dibandingkan nilai ekspor pada periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga menciptakan perilaku baru yakni transformasi masif ke era digitalisasi. Hal itu salah satunya terlihat dari 17,5 juta pelaku UMKM yang berhasil masuk ke ekosistem digital selama periode pandemi.

“Dengan pencapaian ini, kita ingin mengajak masyarakat terus percaya dan optimistis bahwa bangsa kita mampu untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Moeldoko.

Sementara itu, Indonesia mampu menunjukkan kualitas pemerintahan sebagai Presiden Group of Twenty (G20) di tengah krisis global yang bertubi-tubi.

Presiden Jokowi, kata Moeldoko, secara strategis memanfaatkan momentum Presidensi G20 untuk membangun semangat Gotong Royong Dunia guna pulih bersama dan bangkit lebih kuat.

“Semangat kebersamaan dan gotong royong merupakan keunggulan dan modal Indonesia menghadapi berbagai situasi. Jadi, Indonesia tidak hanya ingin sekadar bertahan menghadapi krisis, tetapi Indonesia harus bisa mengoptimalkan kekuatan yang ada dalam waktu singkat,” ucap KSP Moeldoko.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/423439/capaian-terbesar-jelang-hut-ke77-ri-moeldoko-berhasil-atasi-covid19

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi