Buron Mitsuhiro Taniguchi Tinggal di Rumah Warga saat Diburu Polisi Jepang

8 June 2022, 11:46

https: img.okezone.com content 2022 06 08 337 2607704 buron-mitsuhiro-taniguchi-tinggal-di-rumah-warga-saat-diburu-polisi-jepang-YasKrxGveE.jpg

JAKARTAPolri menyatakan Mitsuhiro Taniguchi (47) tinggal di rumah seorang warga di Lampung saat diburu kepolisian Jepang, sejak 4 Mei 2022.

“MT tinggal di tempat warga atas nama Masduki, pekerjaan guru. Di Kampung Sridadi, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (8/6/2022).

Menurut Dedi, Mitsuhiro hanya datang sesekali ke rumah tersebut untuk tinggal. Pasalnya, hasil pendalaman kepolisian, ia tak menetap di rumah warga tersebut.

“Tinggal, tetapi tidak menetap. Kadang satu minggu sekali, kadang dua minggu sekali,” ujar Dedi.

Ia menjelaskan, Masduki memberikan tempat bagi Mitsuhiro untuk dapat menetap lantaran mengaku sebagai seorang investor ikan. Sementara, Masduki sehari-hari juga bekerja sebagai penjual ikan.

Namun, kata Dedi, pihak kepolisian hanya membantu proses penangkapan buronan tersebut. Ia menyebutkan Imigrasi yang memiliki kewenangan lebih lanjut untuk menangani perkara tersebut.

“Polri membantu memaksimalkan untuk menemukan dan menangkap. Proses administrasi keimigrasian itu wewenang mereka,” ucap Dedi.

Sebelumnya, Mitsuhiro Taniguchi (47) buron Jepang telah ditangkap oleh pihak Imigrasi di wilayah Lampung, pada Selasa 7 Juni 2022.

Polisi Jepang mengusut kasus dugaan penipuan dana subsidi bagi usaha kecil yang mengalami dampak Pandemi Covid-19. Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni Rie Taniguchi (45), Daiki (22) dan putra keduanya yang namanya belum disebutkan berusia 21 tahun.

Para tersangka diduga diminta Mitsuhiro mengajukan pengembalian pajak atas nama orang yang telah terdaftar di kantor pajak atau memalsukan permohonan.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/08/337/2607704/buron-mitsuhiro-taniguchi-tinggal-di-rumah-warga-saat-diburu-polisi-jepang?page=1

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi