Burhanuddin Muhtadi: 62,1 Persen Pemilih PKS Setuju dengan RUU TPKS

3 April 2022, 19:29

Merdeka.com – Lembaga Survei Indikator Politik menyatakan, sebanyak 62,1 persen pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Padahal hingga saat ini PKS masih menolak melanjutkan pembahasan RUU TPKS.

“Dukungan terhadap ini itu bersifat multi-partisan. Bahkan konstituen pemilih PKS itu juga sebagian besar setuju sama RUU TPKS,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam siaran virtual, Minggu (3/4).

taboola mid article

Selain PKS, Burhanuddin juga mencatat dukungan konstituen partai lain. Mulai dari PDIP 67,7 persen, Gerindra 62,4 persen, PKB 67,7 persen, NasDem 66,1 persen, PPP 65,5 persen, Demokrat 67,6 persen, dan Golkar 66,4 persen.

Untuk diketahui Indikator Politik Indonesia melakukan survei secara tatap muka pada 11 Februari – 21 Februari 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

2 dari 2 halaman

RUU TPKS

RUU PKS merupakan rancangan undang-undang yang mengatur tentang kekerasan seksual sebelum RUU TPKS. Pembahasan masih alot. Sejumlah fraksi parpol di DPR belum satu suara.

Frasa ‘tanpa persetujuan korban’ dinilai membingungkan, seolah ‘persetujuan korban’ memperbolehkan hubungan seksual terjadi di antara pasangan yang belum terikat perkawinan.

Dengan demikian, keberadaan frasa ‘tanpa persetujuan korban’ dalam RUU TPKS dikhawatirkan dapat membuka pintu untuk mengizinkan adanya seks bebas di Indonesia.

[rnd]


https://www.merdeka.com/politik/burhanuddin-muhtadi-621-persen-pemilih-pks-setuju-dengan-ruu-tpks.html

 

Institusi

K / L

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi