Bupati Pastikan Presiden Jokowi Bermalam di Kota Ende

31 May 2022, 4:03

Presiden Joko Widodo bersiap memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 1 Juni 2020. Upacara secara virtual itu dilakukan karena pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Handout

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan berangkat ke Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada 31 Mei 2022. Bupati Ende Djafar Achmad memastikan Presiden Jokowi akan menginap semalam di Kota Ende.

“Jadi betul, besok pukul 17.50 Wita menjelang magrib, Bapak Presiden bersama Pesawat Kepresidenan RI 1 mendarat di Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende,” kata Djafar Achmad di Ende, Senin malam, 30 Mei 2022.

Kepastian kedatangan Presiden Joko Widodo dan menginap di Kota Ende itu diperoleh bupati dari rapat terakhir bersama Protokol Istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Beliau sudah pasti menginap di kota kecil kami di Ende,” kata Bupati Ende.

Nantinya, Presiden RI Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila Ende.

Setelah itu Presiden akan mengunjungi Pasar Mbongawani Ende yang telah masuk dalam salah satu titik kunjungan Presiden.

Usai upacara dan kunjungan ke Taman Renungan Bung Karno, Presiden RI akan masuk ke Rumah Adat Ende. Di sana, Presiden akan mengikuti prosesi pengukuhan gelar adat Ende yang disebut Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa atau Penguasa Pemerintahan Nasional.

“Beliau ke rumah adat untuk menerima penganugerahan sebagai warga Mosalaki Lio,” ucap Bupati Ende.

Baca juga: Bicara Pancasila, La Nyalla Sebut Ada yang Ingin Pisahkan Agama dan Negara

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini 


https://nasional.tempo.co/read/1596666/bupati-pastikan-presiden-jokowi-bermalam-di-kota-ende

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi