Buntut Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Tjahjo Kumolo Sebut Negara Alami Kerugian

30 May 2022, 17:36

PIKIRAN RAKYAT – Ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus seleksi tahun penerimaan 2021 dikabarkan mengundurkan diri karena diduga menerima gaji kecil.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), tercatat 100 calon abdi negara yang lulus tes seleksi penerimaan CPNS tahun 2021 mengundurkan diri hingga Jumat, 27 Mei 2022.

Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak lima orang, setelah ada perubahan dari pekan sebelumnya menurut catatan BKN, yakni sebanyak 105 CPNS.

Keputusan pengunduran diri ratusan CPNS tersebut mendapat respons tegas dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Akan Sanksi CPNS yang Mengundurkan Diri agar Negara Tidak Rugi

Ia mengatakan keputusan ratusan calon abdi negara itu telah merugikan negara.

Pasalnya, pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang besar untuk menggelar proses penerimaan CPNS tahun 2021.

Selain itu, kata dia, negara juga dirugikan dengan tidak terpenuhinya sumber daya manusia (SDM) yang sesuai formasi karena posisi tersebut menjadi kosong, sehingga negara tidak mendapatkan SDM sesuai harapan.

“Dengan biaya itu, Pemerintah seharusnya mendapatkan ASN yang dibutuhkan. Namun, karena ada yang mengundurkan diri, formasinya jadi kosong. Biaya yang dikeluarkan besar, tapi tidak mendapatkan SDM-nya,” ucap Tjahjo, dalam keterangannya, Senin.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014602378/buntut-ratusan-cpns-mengundurkan-diri-tjahjo-kumolo-sebut-negara-alami-kerugian

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi