Bulgaria Kembali Usir Diplomat Rusia, Terkait Spionase

2 April 2022, 17:03

Presiden Bulgaria Rumen Radev. Sumber: Reuters

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengusir diplomat Rusia dan memberinya waktu 72 jam untuk meninggalkan negara Balkan tersebut atas tuduhan mata-mata, Jumat 1 April 2022.

Pengusiran terjadi di tengah hubungan renggang antara Rusia dan Bulgaria, sekutu terdekat Moskow selama Perang Dingin yang kini menjadi anggota NATO dan Uni Eropa serta salah satu pengecam invasi Rusia ke Ukraina.

Bulgaria mengusir 12 diplomat Rusia bulan lalu dan menyuruh pulang duta besarnya dari Moskow untuk konsultasi terkait pernyataan “tidak diplomatis, tajam dan kasar” dari duta besar Rusia untuk Sofia.

Kementerian mengatakan telah diberitahu oleh jaksa bahwa salah satu diplomat, yang terakreditasi sebagai sekretaris pertama di kedutaan besar Rusia di Sofia, terlibat dalam kegiatan intelijen yang tak sesuai.

Kejaksaan Bulgaria mengatakan pihaknya juga sedang menyelidiki dua pejabat Badan Keamanan Nasional Bulgaria dan seorang pejabat pemerintah karena diduga menjadi mata-mata Rusia.

Belum ada penyataan dari Kedubes Rusia terkait pengusiran ini.

Moskow sebelumnya menyebut tudingan spionase terhadap diplomat yang diusir sebagai hal yang tidak berdasar dan menegaskan bahwa langkah itu dapat mengancam hubungan bilateral.

Reuters


https://dunia.tempo.co/read/1577722/bulgaria-kembali-usir-diplomat-rusia-terkait-spionase

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi