Buka Festival Literasi, Benyamin Davnie: Penting untuk Mengimbangi Kemajuan Peradaban

24 October 2022, 17:15

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Festival Literasi tingkat Kota Tangerang Selatan tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Benyamin Davnie, Senin (24/10).
“Arah dari festival literasi ini dalam kerangka mengimbangi arah kemajuan peradaban, yang di dalamnya ada soal membaca,” kata Benyamin saat membuka festival literasi.

Menurutnya, kemajuan teknologi saat ini dengan beragam informasi dan bahan bacaan, dapat diakses oleh siapa saja. Oleh karenya, penting bagi semua dalam memahami bacaan dan informasi secara menyeluruh dan utuh.
“Kita tidak ingin melawan ketentuan itu sendiri yang ditandai dengan penggunaan teknologi komunikasi. Yang kita lakukan adalah mengimbangi itu. Dimana, semua bahan informasi termasuk bahan perpustakaan ada semua di dalam genggaman kita,” ujarnya.

Termasuk pemahaman dari nilai-nilai Pancasila yang tidak bisa digantikan dengan teknologi komunikasi itu sendiri. Sehingga festival literasi hadir untuk menyeimbangkan kemajuan peradaban tersebut, yang kemudian diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan masyarakat.

Oleh karenanya, rangkaian kegiatan Festival literasi yang diselenggarakan dari tanggal 24-28 Oktober dengan beragam kegiatan, harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan sebaik mungkin.
“Hadirnya festival literasi ini sangat baik terutama untuk anak-anak Paud, TK, jadi generasi ke depan bisa memiliki generasi yang cinta baca dan perpustakaan, jadi lebih dapat,” kata Benyamin.
“Ini harus terus dilanjutkan, dan tepat dilakukan terus-menerus. Tinggal nanti gimana kita mengundang sekolah-sekolah secara bergiliran, ini suatu hal yang sangat baik sekali,” tambahnya.
Lanjut, kata Benyamin, rencana ke depan bahwa lingkungan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dapat dimanfaatkan secara optimal. Untuk membuat suasana yang nyaman, sehingga semakin banyak warga yang mau berkunjung ke perpustakaan.
“Gimana kita menciptakan perpustakaan yang homie, yang enak, jadi kayak di rumah,” pungkasnya.
Dalam festival literasi 2022 digelar berbagai perlombaan. Mulai dari mewarnai, bertutur, puisi, desain flyer hingga stand up comedy. Serta, pameran perpustakaan dan seni dan parade drama dan puisi, yang keseluruhan acaranya di gelar di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan di Ciater Raya, Serpong.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi