BPS: Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Naik 0,75% pada Maret 2022

1 April 2022, 11:11

BPS: Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Naik 0,75% pada Maret 2022

ILUSTRASI. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks harga Perdagangan besar (IHPB) umum nasional pada Maret 2022 mengalami kenaikan menjadi 0,75% dari bulan sebelumnya.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, penyumbang IHPB pada Maret adalah sektor pertanian inflasinya sebesar 1,53%, disebabkan oleh kenaikan harga pada komoditas pertanian seperti kelapa sawit, cabai merah, telur ayam ras, cabai rawit merah dan cabai hijau.

“Jadi penyumbang inflasi Harga Perdagangan Besar (HPB) itu ada di pertanian,” tutur Margo dalam agenda Rilis BPS, Jumat (1/4).

Baca Juga: Ini Penyumbang Inflasi Terbesar pada Maret 2022

Penyumbang selanjutnya adalah sektor pertambangan dan penggalian, yang terjadi kenaikan inflasinya sebesar 0,89%, disumbang oleh komoditas bijih emas, pasir dan timah. Sedangkan, penyumbang dari sektor industri ke inflasi HPB adalah sebesar 0,57%.

Margo mengatakan, penyumbang pada sektor industri ini, jika dilihat dari komoditasnya adalah kenaikan dari gas LPG, rokok kretek dengan filter, terigu, tepung tapioka, dan solar. “Ini adalah penyumbang komoditas utama di sektor pengolahan pada Maret yang terjadi kenaikan 0,57% jika dibandingkan Februari 2022,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk IHPB konstruksi, menyumbang inflasi HPB pada Maret 2022 ini yakni sebesar 0,54%. Kelompok atau jenis bangunan yang menyumbang inflasi HPB berasal dari komoditas besi dan beton, solar, batu untuk pondasi bangunan dan pasir. “Ini yang membuat meningkat,” kata Margo.

Baca Juga: BPS: Inflasi Maret 2022 Sebesar 0,66% mom

Adapun jika diperinci, kelompok bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal menyumbang inflasinya HPB sebesar 0,45%, bangunan pekerjaan umum untuk pertanian sebesar 0,41%, dan bangunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, dan Pelabuhan menyumbang inflasi HPB sebesar 0,68%.

Kemudian, untuk bangunan, instalasi listrik, gas, air minum, dan komunikasi menyumbang inflasi HPB sebesar 0,50%, dan bangunan lainnya menyumbang inflasi HPB sebesar 0,52%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Siti Masitoh
Editor: Handoyo .


https://nasional.kontan.co.id/news/bps-indeks-harga-perdagangan-besar-ihpb-naik-075-pada-maret-2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi