BPOM ungkap 3 poin penting terkait kasus gagal ginjal akut

23 October 2022, 15:30

Oleh karena itu, BPOM bisa mempertimbangkan mengambil satu sampel yang tidak menyeluruh karena produksinya banyak.

3. Industri melakukan pengujian secara mandiri
Atas peristiwa yang sedang terjadi, BPOM memberikan arahan kepada industri untuk melakukan pengujian atau analisis secara mandiri terhadap bahan baku yang digunakan dalam obat yang diproduksinya.

“Untuk tanggung jawab industri terkait kasus ini, kami sudah menerbitkan surat kepada pimpinan dan penanggung jawab farmasi pada 18 Oktober untuk meminta industri melakukan pengujian secara mandiri terhadap bahan baku yang digunakan,” ujarnya.

Setelah melakukan pengujian tersebut, industri diminta untuk melaporkan hasilnya kepada BPOM dan BPOM akan memberikan batas waktu. Kemudian BPOM akan melakukan pemetaan, dan BPOM akan melakukan tindak lanjut dari peta tersebut.

Pengujian mandiri sesuai dengan undang-undang yang menyebutkan, industri bertanggung jawab dalam memberikan jaminan, memproduksi, dan mengedarkan produk obat yang aman, bermutu, dan berkhasiat. Salah satu upayanya adalah pengujian atau analisis terhadap produk untuk memastikan bahwa produk tersebut bermutu dan aman.

Sementara itu, BPOM akan melakukan pengawasan, baik yang sebelum beredar melalui meregistrasi maupun yang sedang beredar melalui sampling dan pengujian.

Di sisi lain, Elin juga mengingatkan agar orang tua memberikan obat kepada anak-anaknya sesuai anjuran pakai dan tidak melebihi anjuran pakai yang tertera di dalam kemasannya. Kemudian membaca dengan saksama peringatan yang ada di kemasannya, kemudian konsultasi ke dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Hal penting lainnya adalah melaporkan secara lengkap tentang obat yang digunakan kepada tenaga kesehatan.

“Kemudian melaporkan efek samping obat kepada tenaga kesehatan terdekat atau melalui aplikasi layanan BPOM Mobile atau E-MESO Mobile. Itu juga menjadi pencermatan kami, kemudahan kami dalam melakukan tindak lanjut,” tambahnya.
 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi