BLT Minyak Goreng Cair April, Berkah Ramadhan 2022

2 April 2022, 14:41

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bantuan langsung tunai atau BLT Minyak Goreng cair pada April. Nilainya Rp300 ribu untuk tiga bulan, April, Mei, dan Juni 2022.

BLT Minyak Goreng menjadi berkah Ramadhan, khususnya bagi keluarga miskin yang selama ini kesulitan mendapatkan minyak goreng.

Jumlah penerima BLT Minyak Goreng cukup banyak. Totalnya 23 juta penerima.

Pemerintah telah menetapkan kriteria penerima BLT Minyak Goreng, yakni mereka yang selama ini terdaftar sebagai penerima bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain penerima BPNT dan PKH, pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan dan gorengan juga akan mendapatkan BLT Minyak Goreng.

BACA: Inilah Kriteria Penerima BLT Minyak Goreng, 23 Juta Keluarga Dan PKL

Sebanyak 20,5 juta penerima BPNT dan PKH akan mendapatkan BLT. Sementara 2,5 juta PKL juga akan mendapatkan bantuan serupa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan tersebut diberikan karena harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

“Untuk meringankan beban masyarakat pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Jokowi dalam siaran daring Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (1/4).

BACA: Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng April hingga Juni 2022

BLT Minyak Goreng diberikan dalam bentuk uang tunai Rp100 ribu per bulan, mulai April hingga Juni 2022. Totalnya Rp300 ribu selama tiga bulan.

“Bantuan yang diberikan sebesar Rp 100.000 setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus yaitu April, Mei dan Juni yang akan dibayarkan dimuka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000,” jelas Jokowi.

Jokowi meminta kementerian dan lembaga terkait untuk berkoordinasi dalam penyaluran bantuan.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial serta TNI dan Polri berkoordinasi agar penyaluran bantuan ini berjalan baik lancar,” tandas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengecek langsung ketersediaan bahan pangan dan kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng jelang Ramadhan 2022.

Jokowi mendatangi dua pasar tradisional di Jawa Tengah untuk mengecek kebutuhan pokok masyarakat.

“Dua pasar saya kunjungi di Jawa Tengah hari ini, yakni Pasar Baledono di Kabupaten Purworejo dan Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kabupaten Magelang,” kata Jokowi pada Rabu, 30 Maret 2022.

Jokowi memantau ketersediaan minyak goreng di dua pasar tersebut.

Ia menyebut ketersediaan minyak goreng di pasar itu cukup banyak. Namun dia mewanti-wanti agar harga minyak goreng tidak naik.

“Saya secara khusus juga mengecek ketersediaan minyak goreng. Stok minyak goreng saya kira cukup. Dan yang paling penting, jangan sampai harga naik terlalu tinggi,” tegas Jokowi, dikutip dari akun Facebooknya, Presiden Joko Widodo.

Di sela-sela kunjungannya, Jokowi juga menyempatkan memberikan bantuan kepada para pedagang.

“Saya juga menyampaikan bantuan tunai bagi para pedagang di kedua pasar, semoga dapat meringankan beban para pedagang yang terkena dampak pandemi Covid-19,” tandas Jokowi. (one/pojoksatu)

 

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

,

Fasum

Transportasi