Biaya Aplikasi Pesan Antar Makanan Lebih Mahal Dibanding Beli Langsung

18 June 2021, 14:55

Biaya Aplikasi Pesan Antar Makanan Lebih Mahal Dibanding Beli Langsung

loading…

Harga pemesanan aplikasi pesan antar makanan lebih mahal karena adanya komponen harga yang tersembunyi. Foto/IST

JAKARTA – Aplikasi pesan antar makanan mengalami peningkatan di masa-masa pandemi Covid-19. Peningkatan terjadi karena adanya pembatasan sosial, efisien dan biaya yang diklaim lebih hemat dibanding membeli makanan sendiri.

Hanya saja alasan terakhir ternyata terbantahkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Which? baru-baru ini.

Which? diketahui melakukan survei dengan melakukan pembelian langsung beberapa makanan melalui aplikasi Deliveroo, UberEats dan Just Eat. Pembelian makanan yang dilakukan melalui ketiga aplikasi itu dilakukan pada makanan yang sama.

Baca juga : Jam Tangan Apresiasi Film Fast and Furious Harganya Capai Rp8,2 Miliar

Hasilnya, biaya pembelian makanan dan pengantaranhnya 23 persen lebih mahal ketimbang membelinya secara langsung.

Dari metode yang dilakukan Which? menyimpulkan bahwa pembelian antar makanan melalui Deliveroo merupakan yang termahal. Rata-rata biaya yang dikenakan 31 persen lebih mahal ketimbang membeli langsung.

Selebihnya UberEats lebih mahal 25 persen dibanding membeli langsung. Yang paling masuk akal adalah Just Eat dengan persentase 7 persen lebih mahal ketimbang membeli makanan secara langsung.

“Jika Anda ingin memesan makanan melalui aplikasi, Anda harus tahu bahwa kenyamanan yang diberikan oleh aplikasi datang dengan biaya tambahan yang tidak terlihat,” ujar Adam French, Consumer Right Expert dari Which?

Biaya Aplikasi Pesan Antar Makanan Lebih Mahal Dibanding Beli Langsung

Baca juga : NHTSA Selidiki 10 Kematian yang Diduga karena Tesla Autopilot

Which? menyimpulkan harga yang lebih mahal tersebut tidak hanya disebabkan karena adanya penambahan biaya pengiriman, selain itu terdapat perbedaan harga antara membeli langsung dan di aplikasi. Mereka mencontohkan menu burito dan taco yang ada di sebuahrestoran yang harganya tidak sama di aplikasi dengan di lokasi langsung. Hal ini menurut Which? terjadi karena banyak restoran yang juga memasukkan biaya jasa ke komponen harga menu yang ada di aplikasi.

Alhasil banyak ditemukan biaya antar makanan lewat aplikasi jauh lebih mahal ketimbang membeli langsung.

Hal ini juga diakui oleh Deliveroo yang meminta kepada seluruh restoran rekanan mereka agar mencantumkan harga yang sama di aplikasi dengan di lokasi langsung. “Biaya lain yang kami kenakan akan kami kembangkan untuk reinvestasi bisnis kami, layanan konsumen dan peningkatan layanan kami untuk rekanan restoran,” respons Deliveroo seperti dikutip BBC.

(wsb)


https://tekno.sindonews.com/read/459392/207/biaya-aplikasi-pesan-antar-makanan-lebih-mahal-dibanding-beli-langsung-1623989182

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi